blank
Ganjar saat berbincang dengan salah satu pedagang di Pasar Muntilan, menanyakan harga minyak goreng curah. Foto: dok/ist

MUNGKID (SUARABARU.ID)– Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, kembali melakukan sidak harga minyak goreng di pasar-pasar tradisional. Kali ini, Ganjar melakukan sidak ke Pasar Muntilan, Kabupaten Magelang.

Sebelumnya, Ganjar menggelar sidak minyak goreng di Pasar Bulu, Semarang. Di sana dia menemukan harga minyak goreng curah berkisar anatara Rp 20-22 ribu. Sementara saat sidak di Pasar Muntilan, Rabu (6/4/2022), Ganjar menemukan harga minyak goreng curah lebih murah dibanding pasar di Semarang.

Saat ngobrol dengan sejumlah pedagang, Ganjar menemukan harga minyak goreng curah di pasar itu dipatok Rp 15.500 per liter. Para pedagang mengaku membeli dari agen besar, yakni di Toko 15, dengan harga Rp 12-Rp 13 ribu per liter.

BACA JUGA: Antisipasi Tawuran di Wilayahnya Kapolsek Semarang Timur Lakukan Ini

Titin, salah satu pedagang mengatakan, dia kulakan minyak goreng curah dari Toko 15. Dia juga bisa membuktikan ke Ganjar, jika harganya benar-benar murah, dengan menunjukkan nota pembelian minyaknya dari toko itu.

”Memang harganya segitu, kita jual per liter Rp 15.500. Tapi memang stoknya tidak banyak,” jelasnya.

Ganjar awalnya tak percaya harga minyak goreng curah di Pasar Muntilan lebih murah dibanding di Semarang. Namun ketika Titik menunjukkan nota pembelian minyaknya dari agenn, Ganjar baru manggut-manggut.

BACA JUGA: Dituding Lakukan Pemerasan, Kajari Kudus Diadukan ke Jamwas Kejagung

”Lha ini ada harga murah, cuma Rp 15.500. Ayo pada mborong di sini bu,” kata Ganjar pada ibu-ibu di pasar itu.

Ditemui seusai sidak, Ganjar menyatakan, ada praktik bagus di Pasar Muntilan ini. Dari beberapa pedagang yang dia temui, semuanya bisa mendapat harga minyak goreng curah sesuai aturan.

Riyan