blank
Wali kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka didampingi Kepala Perwakilan BI Solo Nugroho Joko Prastowo tengah menunjukkan uang hasil penukaran di mobil kas keliling pada acara Kick Off Layanan Penukaran Uang Kepada Masyarakat Dalam Rangka Menyambut Lebaran, di pelataran Pasar Legi setempat, Jumat (1/4). Foto: Bagus Adji 

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Perwakilan Bank Indonesia (BI) Solo menggelar kegiatan penukaran uang dalam rangka menyambut Lebaran tahun 2022. Kegiatan yang digelar selama bulan Ramadan tepatnya hingga tiga hari sebelum hari H Lebaran, disiapkan uang rupiah baru Rp 4,9 triliun.

“Kami proyeksikan permintaan uang baru sekitar Rp 4,9 trilyun untuk menghadapi lebaran tahun ini. Jumlah uang baru yang tersedia dikatakan meningkat dibandingkan tahun sebelumnya Rp 4,3 triliun,” kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Solo Nugroho Joko Prastowo dalam sambutannya pada kick off layanan penukaran uang kepada masyarakatdalam rangka menyambut Lebaran, di pelataran Pasar Legi Solo, Jumat (1/4/2022)

Perbankan, kata Nugroho Joko Prastowo sudah mengkampanyekan Quick Respon Indonesia Standard) (QRIS). Tetapi ternyata budayanya belum banyak berubah. Artinya, walaupun kita sudah dorong digitalisasi tapi kalau nanti lebaran salam tempel nya perlu uang yang baru.

Pelaksanaan penukaran uang  melibatkan 191 jaringan kantor bank, PT Pos juga Pegadaian yang turut membantu . Penukaran dilkukn tak hanya di bank umum tetapi juga BPR yang di Solo Raya. Masa penukaran berlangsung mulai hari ini hingga H-3 Lebaran.

Bank Indonesia dibantu perbankan yang memiliki  mobil kas keliling untuk nanti sama sama melayani masyarakat kota Solo  melakukan penukaran. Ada tujuh mobil yang siap  untuk jemput bola  melayani penukaran masyarajat yang tidak sempat  ke kantor bank.

“Ini merupakan simbolisasi  semarak, semangat pemulihan ekonomi. Karena sejatinya, konsumsi tertinggi di Indonesia itu selalu di bulan Ramadan dan Lebaran. Namun tidak terjadi di dua tahun belakangan ini,” terangnya.

blank
Kepala Perwakilan BI Solo Nugroho Joko Prastowo bersama Walikota Gibran Rakabuming Raka dan Danrem Kol Inh Achiruddin SE serta pejabat Forkopimda Surakarta bersiap melepas burung merpati sebagai tanda dimulainya layanan Penukaran pang kepada masyarakat dalam rangka menyambut Lebaran, di pelataran Pasar Legi setempat, Jumat (1/4). Foto: Bagus Adji

Setelah Lebaran, ujarnya, tugas Bank Indonesia meningkat lagi. Karena 60 persen uang yang keluar menjelang Lebaran disetor lagi ke perbankan dan kemudian masuk ke BI.

Pada acara yang dihadiri pejabat Forkopimda dan Danrem Warastratama Kol Inf Achiruddin SE, Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka juga melakukan penukaran uang tunai pada mobil kas keliling yang tersedia di halaman Pasar Legi Solo.

Wali kota Gibran Rakabuming Raka saat ditanya wartawan, mempersilakan warga untuk menukar uang di tempat resmi.Kegiatan penukaran uang yang digelar Bank Indonesia merupakan persiapan dalam rangka Lebaran.

“Kegiatan penukaran uang menggunakan mobil kas keliling bisa saja dilaksankan bersama acara vaksinasi. Artinya sembari vaksinasi sekaligus tukar uang baru.” Sekarang sudah dibolehkan mudik mosok ora tuker dhuwit.  Kita tidak boleh mudik dua kali. Fitrahnya tahun ini ya dilipatduakan,” ujarnya.

Sementara itu Rahayu warga Teposanan Ringin Semar Solo, mengaku menukarkan uang dengan pecahan Rp 10.000 dan Rp 5.000 serta Rp 2.000 masing masing satu bundle. Dalam menukar uang dengan nilai total Rp 1,7 juta dirinya tidak diminta persyaratan apapun. Juga tidak terdapat potongan apa pun.

Bagus Adji