blank
Ulfa Shofiyastuti, S.Pd.I.

JEPARA (SUARABARU.ID) – Nama lengkapnya  Ulfa Shofiyastuti, S.Pd. Namun  biasa dipanggil Ulfa atau Dedek Ulfa. Lahir di Jepara, 1 Agustus 1998, buah hati  pasangan H. Mahfudl dan  Hj. Shopiyah, yang tinggal di Desa Kerso Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara. Ulfa adalah  anak nomor 3 dari 4 bersaudara.

blank
Ulfa Shofiyastuti, S.Pd. saat menerima piala dan penghargaan dari Bupati Jepara Dian Kristiandi, S.Sos

Pada tahun 2002, ia  mulai memasuki jenjang pendidikan di RA Datuk Singaraja, Desa Kerso yang tidak jauh dari rumahnya. Kemudian Ulfa melanjutkan pendidikan di MI Datuk Singaraja Kerso dan lulus pada tahun 2009 dan kemudian  melanjutkan pendidikan di MTs Ittihadul Muslimin Kerso dan lulus tahun 2012.

Ulfa kemudian melanjutkan pendidikan di  MA Ittihadul Muslimin Kerso hingga lulus pada tahun 2015. Selepas itu ia  langsung melanjutkan ke di UNISNU Jepara. “Saya mengambil program studi Pendidikan  Agama Islam hingga selesai pada tahun 2019,” ujarnya.

blank
Atas prestasinya Ulfa Shofiyastuti, S.Pd. juga mendapatkan penghargaan dari Satkordikcam Kedung, Hatono M.Pd

Ketika menjadi mahasiswa UNISNU Jepara ia  aktif mengikuti beberapa organisasi dalam kampus maupun diluar kampus. “Saya mengikuti lomba antar mahasiswa jurusan, dan memenangkan juara 1 Lomba Media Pembelajaran Tingkat Mahasiswa PAI UNISNU Jepara tahun 2017,” kenang Ulfa Shofiyastuti. Saat masih kuliah semester 3 saya sudah menjadi guru di KB Ittihadul Muslimin Kerso, tambahnya.

Pada tahun  2019 ia menyelesaikan studi dan mendapat penghargaan sebagai lulusan 10 Besar Indeks Prestasi Komulatif (IPK) Tertinggi Jurusan PAI.

Dengan mengantongi gelar sarjana, ia semakin mantap mengabdi menjadi guru di KB Ittihadul Muslimin Kerso. Bahkan pada  pada tahun 2019 ia mendapatkan kepercayaan dalam kepengurusan Himpaudi Kecamatan Kedung dan menjabat sebagai Sekertaris II. “Ini sebuah penghargaan dan sekaligus pemantik pengabdian saya,” ujar Ulfa.

blank
Ulfa Shofiyastuti, S.Pd. bersama Satkordikcam Kedung Hartono, M.Pd

Terakhir Ulfa Shofiyastuti diutus menjadi wakil Kecamatan Kedung dari Jenjang Pendidikan PAUD Non Formal dalam lomba Resensi Buku “Langkah Kepemimpinan Bupati Jepara H. Dian Kristiandi Mengalir dari Hati untuk Bumi Kartini” Tingkat Kabupaten Jepara Tahun 2022.

“Tugas itu saya anggap sebagai tantangan. Karena itu saya berusaha mempersiapkan resensi buku dengan sebaik-baiknya, sebab saya mewakili teman-teman.  “Alhamdulliah saya mendapatkan Juara 1 (Satu) dari Kelompok PAUD/Sederajat Tigkat Kabupaten Jepara,” ungkapnya.

Bagi Ulfa Shofiyastuti capaian ini merupakan   prestasi yang sangat membanggakan bagi saya karna bisa mendapatkan penghargaan saat mewakili Kecamatan Kedung dari Jenjang Pendidikan PAUD Non Formal.

Penghargaan itu sekaligus memotivasi saya untk kembali belajar menulis. “Saya berfikir, jangan takut untuk mencoba hal baru, karena semua orang itu bisa sukses asalkan ada kemauan, usaha, dan kerja keras. Gagal bangkit lagi karena kegagalan merupakan awal dari kesuksesan,” ujar Ulfa Shofiyastuti, S.Pd. dengan penuh optimisme.

Hadepe