SEMARANG – Tim balsa dari perwakilan progam studi teknik sipil Universitas Semarang (USM) berhasil meraih juara 1, pada Kompetisi Jembatan Balsa Nasional (membangun jembatan masa depan yang inovatif,kokoh,dan efisien).

Lomba tersebut diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Sipil Politeknik Negeri Semarang, pada Minggu (20/3).

Dekan fakultas teknik USM Dr.Purwanto ST MT dan Ketua Jurusan teknik sipil USM Ngudi Hari Crista ST MT memberikan ucapan selamat kepada tim Sinar Jaya V2 sebagai pemenang juara 1 serta ,enyambut baik dan bangga atas prestasi yang diraih mahasiswanya.

Menurut dosen pendamping Talitha Zhafira ST MEng dan Trias Widorini ST MEng persiapan membimbing tim lomba jembatan balsa tingkat nasional kali ini juga berfokus pada analisis jembatan balsa yg akan di presentasikan dihadapan dewan juri tidak hanya kuat menahan beban saat diuji namun konsep perencanaanya juga sesuai peraturan SNI jembatan kayu yang berlaku di Indonesia .

Tahapan perlombaan mulai perakitan jembatan balsa, presentasi hingga yang terakhir adalah pembebanan. Masing-masing tahapan diberikan batas waktu tertentu.

Tim jembatan balsa yang dikirim mengikuti lomba jembatan balsa tingkat nasional tersebut berhasil menyabet juara 1 diraih oleh tim Sinar Jaya V2 yang terdiri dari Noora Savera, Ali Masfud, Lintang Daru Satria dengan efisiensi jembatan tertinggi yaitu 0,7 dengan berat jembatan 29 gram.

Saiful Hadi-USM