blank
Kepala Divisi Administrasi Kemenkumham Jateng, Jusman, bersama petugas Damkar Kota Semarang. Foto: Dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Pentingnya pencegahan dan penanganan terjadinya kebakaran di lingkungan perkantoran mendapat perhatian khusus dari Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah.

Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng, A. Yuspahruddin melalui Kepala Divisi Administrasi (Kadivmin), Jusman mengatakan pentingnya menjaga keamanan kantor dari potensi timbulnya kebakaran.

Menurut Jusman, seluruh pegawai harus berkomitmen untuk menjaga keamanan kantor, serta barang-barang milik negara dari bahaya kebakaran. Karena menurutnya ini merupakan salah satu mitigasi risiko dan rencana kontijensi yang diterapkan.

Hal tersebut disampaikan Jusman saat Kanwil Kemenkumham Jateng melakukan latihan penanganan kebakaran dari tim pemadam kebakaran Kota Semarang, Jumat (11/3/2022).

“Saya apresiasi kegiatan pelatihan ini bagi security, PPNPN, hingga pegawai,” tutur Jusman.

Jusman mengatakan, selain melindungi berkas-berkas penting yang ada di lingkungan perkantoran, instalasi listrik juga perlu dilakukan pengecekan secara berkala, guna mencegah terjadinya lalapan api.

“Terkait instalasi listrik, perlu dilakukan tindakan kontijensi sesuai arahan Sekjen. Karena kita ketahui banyak sekali berkas-berkas penting di dalamnya,” jelas Jusman.

Tim Damkar yang berjumlah 3 orang itu mengawali pelatihan dengan menjelaskan beberapa faktor penyebab dan apa yang harus dilakukan ketika terjadi kebakaran di lingkungan sekitar.

Tim Damkar juga melakukan praktek pemadaman kebakaran dengan berbagai metode yang dipraktikkan langsung oleh Kadivmin serta pegawai, PPNPN, dan security yang mengikuti pelatihan.

Hadir mendampingi Kadivmin, Kepala Bagian Program dan Humas, Budhiarso Widhyarsono, serta Kasubbag Kepegawaian, TU dan  Rumah Tangga, Meivita Dewi Widyastuti.

Ning