blank
Kombes Pol Irwan Anwar, SIK, SH, MHum, Kapolrestabes Semarang menyematkan tanda dimulainya Operasi Keselamatan Candi 2022 kepada Petugas Polantas dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Kewilayahan, di Lapangan Apel Mapolrestabes Semarang, Jalan Dr. Sutomo No 19 Kota Semarang, Selasa (1/3/2022). Foto : Dok Humas Polrestabes Semarang

SEMARANG (SUARABARU.ID) Program Keselamatan Lalu Lintas Candi 2022 hari ini mulai dijalankan oleh Polrestabes Semarang, dengan diawali Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Kewilayahan, yang dipimpin langsung Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Irwan Anwar, SIK, SH, MHum di Lapangan Apel Mapolrestabes Semarang, Jalan Dr. Sutomo No 19 Kota Semarang, Selasa (1/3/2022).

Dalam amanat Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi yang disampaikan oleh Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Irwan Anwar, bahwa permasalahan di bidang lalu lintas dewasa ini, telah berkembang dengan cepat dan dinamis.

Hal ini sebagai konsekuensi dari meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi penduduk, memerlukan alat transportasi sebagai sarana mobilitas dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

“Perkembangan transportasi juga telah menginjak era digital, dimana operasional order angkutan publik sudah berada dalam genggaman, cukup menggunakan handphone,” paparnya.

Modernisasi tersebut, lanjut Kapolrestabes Semarang, perlu diikuti dengan inovasi dan kinerja polri khususnya polantas, sehingga mampu mengantisipasi segala dampak yang akan timbul dari modernisasi transportasi tersebut.

“Polri telah menetapkan kalender operasi keselamatan lalu lintas yang rutin dilaksanakan setiap tahun selama 14 hari. Tahun 2022 ini dimulai dari tanggal 1 sampai dengan 14 Maret 2022, secara serentak di seluruh Indonesia,” ujar Kombes Pol Irwan

Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi Tahun 2022 ini, imbuhnya, merupakan operasi cipta kondisi kamseltibcarlantas pada masa pandemi Covid-19, dengan mengedepankan giat preemtif dan preventif disertai persuasif serta humanis dalam rangka meningkatnya kepatuhan dan disiplin masyarakat, dalam berlalu lintas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

“Diharapkan, operasi keselamatan tahun ini dapat memutus mata rantai penyebaran Covid- 19, dengan menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas serta dapat meminimalisir fatalitas kecelakaan lalulintas yang mengakibatkan korban meninggal dunia,” kata Kapolrestabes

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, amanat Kapolda Jateng menekankan lebih untuk mengutamakan keselamatan dan bisa menjadi contoh serta mempedomani protokol kesehatan dalam pelaksanaan tugas, hindari pungli dan tindakan yang menjadi trigger
Ketidakpercayaan masyarakat kepada Polri, hindari tindakan yang kontra produktif serta sikap arogan sehingga kehadiran Polantas dapat dirasakan oleh masyarakat.

“Lakukan tugas operasi “Keselamatan Lalu Lintas Candi-2022″ dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab. profesional dengan persuasif, humanis sehingga tidak menimbulkan komplain dari masyarakat,” tutup Kombes Pol Irwan dalam menyampaikan amanat Kapolda Jateng.

Belajar Masa Lalu

blank
Kombes Pol Irwan Anwar, SIK, SH, MHum, Kapolrestabes Semarang membacakan amanat Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Kewilayahan, di Lapangan Apel Mapolrestabes Semarang, Jalan Dr. Sutomo No 19 Kota Semarang, Selasa (1/3/2022). Foto : Dok Humas Polrestabes Semarang

Selain itu, Kapolrestabes Semarang juga berpesan dan memberi arahan kepada anggotanya, walaupun angka pelanggaran lantas dan penilangan tahun 2021 mengalami penurunan dibandingkan tahun 2020.

Namun perlu perlu juga belajar dari masa lalu dan beberapa peristiwa dari daerah lain, jangan sampai melakukan tindakan yang mencederai kepercayaan masyarakat terhadap Polri, dalam menjalankan tugas di lapangan.

“Masa Pandemi ini masa sulit, khususnya dari sisi ekonomi dan kesehatan. Jangan kawan-kawan menambah beban itu melalui kegiatan-kegiatan di lapangan,” pesan Kombes Pol Irwan Anwar.

“Hadirlah sebagai pengayom, hadirlah sebagai pelindung dan penolong masy bukan sebaliknya. Itu saja yang dapat saya sampaikan pada kesempatan pagi ini, terima kasih atas perhatian kawan-kawan,” pungkasnya.

Dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Kewilayahan tersebut, dihadiri oleh unsur Forkopimda Kota Semarang, Wali Kota Semarang diwakili oleh Sekda Kota Semarang Ir Iswar Aminuddin, MT, Dandim 0733/Kota Semarang LetKol Inf. Honi Havana, MMDS, Dandenpom IV/5 Semarang LETKOL CPM M. Yudi Irawan, SH, serta PJU Polrestabes Semarang dan para Kapolsek Jajaran Polrestabes Semarang.

Sedang pasukan dalam Gelar apel Operasi “Keselamatan Lalu Lintas Candi-2022” diikuti oleh personel Denpom Kota Semarang, Polrestabes Semarang, Dinas Perhubungan dan Satpol PP Kota Semarang dengan Komandan Apel AKP Rony Hidayat, SH.

Absa