blank
Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat ketika menghadiri talk show kesehatan gigi dan mulut. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-72, Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Kabupaten Wonosobo melaksanakan talk show bertema “Cerdas dalam Memilih Perawatan Gigi dan Mulut” di Aula RS PKU Muhammadiyah Wonosobo.

Ketua PDGI Kabupaten Wonosobo, drg Anik Khoiriyah, Sp BMM menyampaikan, kegiatan talk show tersebut dilaksanakan secara online maupun offline, untuk memberikan edukasi dan informasi pada masyarakat akan pentingnya perawatan mulut dan gigi bagi kesehatan.

Anik juga menyatakan bahwa didasarkan pada pengalaman sehari-hari dokter gigi di lapangan, masih banyak ditemukan kasus-kasus permasalahan kesehatan mulut dan gigi, di mana banyak pasien yang mengalami komplikasi.

“Karena itu, PDGI Wonosobo mengajak kepada seluruh masyarakat untuk mengakses perawatan mulut dan gigi di pusat kesehatan formal. Baik rumah sakit maupun pusat kesehatan masyarakat,” ujar dia.

Saat ini, tambah Anik, tenaga ahli dan dokter gigi yang memiliki keahlian mulut dan gigi sudah tersebar di seluruh pusat kesehatan dan mencakup di semua kecamatan. Jumlah anggota PDGI sudah mencapai 40 orang.

Wonosobo Sehat

blank
Ketua PDGI Wonosobo drg Anik Khoiriyah Sp BMM ketika memberikan sambutan. Foto : SB/Muharno Zarka

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Wonosobo, dr Mochamad Riyatno, MKes menambahkan masih banyak permasalahan kesehatan yang dihadapi oleh masyarakat. Perlu adanya peran serta PDGI mengkampanyekan pentingnya kesehatan mulut dan gigi.

“Masih banyak permasalahan kesehatan yang dihadapi masyarakat. Perlu ada peran PDGI untuk mensosialisasikan pentingnya kesehatan mulut dan gigi. Juga kampanye pentingnya protokol kesehatan (prokes) untuk mencegah penyebaran Covid-19 yang terus naik,” ungkapnya.

Bupati Afif Nurhidayat menyampaikan ucapan selamat HUT ke-72 kepada PDGI. Dengan bertambahnya usia, diharapkan PDGI akan semakin semangat untuk mengambil peran penting dan strategis dalam menyelesaikan permaslahan kesehatan mulut dan gigi.

“Usaha yang dilakukan bisa dimulai dengan mengkaji dan mencari solusi terkait permasalahan terkecil dari kesehatan mulut dan gigi. Seperti bau mulut yang kadangkala sering menganggu dan penyakit gigi yang lain,” katanya.

Melalui talk show ini pula, diharapkan mampu mendukung terwujudnya salah satu sasaran pada misi ketiga RPJMD Kabupaten Wonosobo 2021-2026, yakni meningkatnya derajat kesehatan masyarakat atau Wonosobo Sehat.

“Semoga tujuan diselenggarakan acara ini yakni mencerdaskan masyarakat Wonosobo dalam memilih pelayanan kesehatan gigi dan mulut yang tepat dan aman, dapat tercapai seiring lebih banyak masyarakat yang teredukasi,” pungkas dia.

Muharno Zarka