blank
Suasana talkshow yang dilakukan secara daring dan juga disiarkan oleh TVKU. Foto: Tangkapan layar

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Prof Dr Sudharto P Hadi mengatakan, pers dalam hal ini PWI Jateng telah membuka ruang untuk kanalisasi hasil penelitian, ilmu pengetahuan dan teknologi, dan pemikiran-pemikiran. Itu diwujudkan dengan “Talkshow Empat Rektor; Refleksi HPN 2022” yang berlangsung secara daring, Rabu (16/2/2022).

“Sinergi antara PWI dengan kampus itu bagus, agar tidak menjadikan perguruan tinggi berada di zona nyaman. Agar perguruan tidak tidak menjadi menara gading,” kata Prof Sudharto saat memberikan sambutan dalam “Talkshow Empat Rektor”.

Adapun rektor yang berbicara dalam acara ini adalah Dr Supari ST,MT Rektor Universitas Semarang (USM), Prof Dr Edi Noersasongko MKom, Universitas Dian Nuswantoro (UDINUS), Prof Dr Gunarto SH, MH, Rektor Universitas Islam Sultan Agung (Unissula), dan Dr Ferdinand Hindiarto, Rektor Universitas Katolik Soegijapranata (Unika).

Prof Dharto mengharapkan agar perguruan tinggi tak hanya memenuhi kebutuhan pasar, tetapi juga menuangkan pemikiran-pemikiran yang dibutuhkan oleh masyarakat dan bangsa. Dengan adanya pers, maka pemikiran-pemikiran itu bisa tersampaikan pada masyarakat.

“Bisa dibayangkan kalau tidak ada pers. Pers adalah bagian dari demokrasi, tetapi dengan kemajuan teknologi informatika, pers mengalami disrupsi. Media sosial banyak memunculkan berita-berita provokatif, baik dari sisi yang pro maupun yang kontra. Contoh terakhir adalah kasus Wadas di Purworejo,” kata mantan Rektor Undip ini.

Sementara itu, Ketua PWI Provinsi Jateng Amir Machmud NS menyatakan, dirinya ingin menumbuhkan kesan bahwa PWI tidak hanya melakukan kegiatan yang terkait dengan masalah jurnalistik dan kemediaan.

“Kami juga ingin menyampaikan pemikiran-pemikiran dengan melibatkan akademisi untuk memikirkan permasalahan bangsa,” kata Amir Machmud NS.

Untuk itu PWI Jateng melibatkan para rektor dari USM, Unissula, Udinus, dan Unika Soegijapranata. Juga menghadirkan Budi Widhi Astuti, dosen komunikasi Falkultas Informasi dan Komunikasi UKSW Salatiga sebagai moderator. Acara ini juga ditayangkan secara live di TVKU.

Ruang digital yang sekarang keruh, kata Amir Machmud, dijadikan topik yang dibicarakan dalam talkshow empat rektor ini. Kegiatan ini, tambahnya, juga merupakan rangkaian peringatan Hari Pers Nasional tahun 2022 tingkat Jateng, yang puncaknya akan dilangsungkan di Kendal Sabtu 19 Februari 2022.

Widiyartono R