blank
Mengawali ritual umbul donga yang diprakarsai kaum muda Pacitan, lebih dulu dilaksanakan prosesi kirab yang menyertakan kethek ogleng.(Foto: Prokopim Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Kaum muda Kabupaten Pacitan, Jatim, dari unsur Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) dan Karang Taruna, Minggu sore (13/2), memprakarsai gelar ritual umbul donga (pemanjatan doa bersama).

Acara ini dikemas dengan tema Pemuda Pacitan Tumandang, dengan sub tema Nyawiji Greget Kawula Mudha Tumandang Gawe Mbangun Pacitan.

Digelar di Pendapa Kabupaten Pacitan, Jatim. Para hadirin datang mengenakan busana baju khas lurik dengan memakai destar (ikat kepala) atau blangkon. Mereka duduk lesehan bersila, terbagi dalam 2 kelompok yang saling berhadapan.

Bersama-sama mereka melantunkan dzikir, pembacaan Maulidur Rosul berlanjut Mahalul Qiyam. Diiringi rampak tetabuhan simtuddhuror oleh para santri dari Pondok Pesantren (Ponpes) Tremas. Juga menyampaikan sholawat Nabi yang menggema penuh khusyuk.

Bagian Prokopim Kabupaten Pacitan, semalam, mengabarkan, acara religi ini digelar secara terbuka, dengan tajuk Umbul Donga dalam rangka menyambut peringatan Hari Jadi Ke 277 Kabupaten Pacitan Tahun 2022.

KNPI dan Karang Taruna

Turut hadir dalam acara tersebut, Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji bersama Wakil Bupati Pacitan Gagarin, jajaran Forkopimda, Sekretaris Daerah (Sekda) bersama para Asisten Sekda, para Camat, para Kepala Desa/Lurah serta Ketua Karang Taruna se Kabupaten Pacitan.

blank
Kaum muda Kabupaten Pacitan, juga memprakarsai gowes sepeda tua yang para pesertanya tampil mengenakan beragam busana unik dan nyentrik.(Foto:Prokopim Pacitan).

”Terimakasih kepada pemuda yang sudah memiliki rasa memiliki Kabupaten Pacitan. Acara ini adalah bentuk cinta kita semua untuk Pacitan,” tandas Bupati Pacitan Indrata Nur Bayu Aji.

Mudah mudahan, tambah Bupati, apa yang kita diharapkan, khususnya kesejahteraan masyarakat Pacitan, mendapat ridho Allah SWT.

Umbul Donga Pemuda Pacitan ini, merupakan rangkaian dari acara Krida Sinoman (kegiatan kaum muda) melalui beragam kegiatan seperti jalan sehat, bikers Pacitan, senam pemuda Pacitan, pemutaran film pendek serta pentas budaya.

Acara ini masih akan dirangkai pula dengan kembul buceng (makan bersama tumpeng kenduri) sebanyak 277 tumpeng, yang angka ini sesuai usia Kabupaten Pacitan yang diperingatinya.

Bambang Pur