blank
Penanaman bibit pohon di jalur pendakian Gunung Mawar, oleh UPT Kantor Pencarian dan Pertolongan Semarang yang bekerja sama dengan 1001 pendaki. Foto: Dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kantor Pencarian dan Pertolongan Semarang bekerja sama dengan 1001 pendaki melakukan penanaman pohon se Kedu Utara hingga di Base Camp Mawar Gunung Ungaran.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka menyongsong 50 tahun Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas).

Kegiatan penanaman pohon tersebut bertema ‘Memetri Bumi Hanirna Prahara’ yang berlangsung selama dua hari mulai 12-13 Februari 2022.

Sementara itu pada malam harinya, juga digelar talksow yang diisi oleh ketua pegiat konservasi yang berlangsung di Base Camp Mawar Gunung Ungaran.

Kepala Kantor SAR Semarang, Heru Suhartanto mengungkapkan, pihaknya dalam kegiatan konservasi ini sebagai pendukung dan pelaku kegiatan penanaman pohon.

“Kami mensuport kegiatan tanam pohon ini dengan menyediakan beberapa jenis bibit pohon, diantaranya pohon puspo, damar, dan pohon beringin dengan jumlah 1000 bibit pohon,” ungkap Heru, Minggu (13/2/2022).

Menurut Heru, penanaman pohon di jalur pendakian Gunung Mawar ini untuk mencegah terjadinya bencana tanah longsor yang terjadi di gunung hutan.

Usai kegiatan penanaman pohon, kegiatan dilanjutkan dengan SAR Goes to School di SDN 2 Sidomukti Kabupaten Semarang, yang bertajuk ‘Ekspresi untuk Anak Negeri’.

Ning