blank
Mobil Patroli Polres Kebumen mengawal penyemprotan disinfektan ke beberapa ruas jalan dalam kota.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Polres Kebumen menggandeng berbagai pihak, termasuk PMI Kebumen, kembali menyemprotkan disinfektan di beberapa ruas jalan guna memutus penyebaran Covid-19.

Bahkan pada Kamis (10/2) Polres Kebumen bersama TNI, BPBD, Damkar Satpol PP, Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen, komunitas Track & Jack Kebumen dan PMI, menggelar penyemprotan di jalan protokol  Kabupaten Kebumen.

Secara simbolis pelepasan penyemprotan dilakukan Wakapolres Kebumen Kompol Edi Wibowo bersama PJU Polres setelah apel pengarahan di halaman Mapolres.

“Berama-sama bersatu padu, kita eksis kembali, untuk mengantisipasi gejolak kenaikan kasus Covid-19 di Kebumen. Kita kerahkan kendaraan dan personel untuk melakukan penyemprotan,”jelas Kompol Edi Wibowo disela pelepasan.

blank
Menggunakan mobil pikap, sukarelawan PMI Kebumen ikut menyemprotkan disinfektan ke beberapa ruas jalan dalam kota.(Foto:SB/Ist)

Menurut Wakapolres, penyemprotan dilakukan dengan route, Jalan Tentara Pelajar ke utara, selanjutnya, Jalan Indrakila menuju jalan Ahmad Yani.

Dari Jalan Ahmad Yani, tim bergerak maju menuju Jalan Soekarno Hatta, Jalan Merdeka seputar Alun-alun Kebumen, menuju Jalan Kusuma, lalu dilanjutkan ke Jalan Pemuda.

Dari Jalan Pemuda, tim melaju ke Jalan Cindrawasih, Jalan Kutoarjo dan kembali ke Jalan Tentara Pelajar.

Warga Harus Tetap Patuhi Prokes

Wakapolres menambahkan,  penyemprotan diharapkan bisa menjadi ikhtiar untuk memutus mata rantai penyebaran Virus Covid-19 di Kebumen, selain warga tetap harus mematuhi Prokes meski telah divaksin.

Sementara itu  petugas PMI Kebumen menyemprotkan cairan disinfektan di beberapa titik tempat keramaian pada Kamis, 10 Januari 2022.Giat penyemprotan dilaksanakan berdasarkan surat permohonan Kapolres Kebumen, AKBP Piter Yanottama yang merujukan pada edaran Surat Telegram Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah/

Menurut Keterangan Plt Kepala Markas PMI Kebumen Didik Novendi,  pihaknya ikut andil dalam kegiatan tersebut guna memberikan kontribusi terhadap pencegahan penyebaran varian baru omicron.

Didik menjelaskan,  setelah menerima  mandat surat dari Polres Kebumen, langsungmenugaskan beberapa personil sukarelawan untuk ikut serta PMI mencegah penyebaran Covid-19. Yaitu dengan melaksanakan penyemprotan Disinfektan.

Sukarelawan PMI  yang ditugaskan Bandriyo dan Purwanto yang memakai mobil pikap  saat spraying. Penyemprotan disinfektan disebar ke beberapa ruas jalan kota.

Dimulai dari Mapolres Kebumen menuju Jalan Pemuda dan Jalan Soekarno-Hatta, dilanjutkan mengitari Jalan Merdeka dengan memutar Alun-alun kota yang menjadi titik keramaian masyarakat dan diakhiri ke halaman Polres Kebumen.

Komper Wardopo