Koptu Suyanto dari Koramil-23 Karangtengah Kodim 0728 Wonogiri (kanan), memimpin kerja bakti di lokasi bencana longsor yang merusak rumah milik Ratno di Dusun Sendang Mulyo Desa Purwoharjo, Kecamatan Karangtengah, Wonogiri.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Bencana tanah longsor terjadi di Dusun Sendang Mulyo, Desa Purwoharjo, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Wonogiri.

Material longsoran lereng tebing yang membawa serta pepohonan tumbang, merusak rumah dapur dan kamar mandi WC milik Ratno di RT 01/RW 11. Tidak ada korban jiwa dalam bencana tanah longsor ini.

Warga masyarakat menyebutkan, kejadiannya berlangsung Senin petang (7/2). Saat itu, bersamaan dengan hujan deras dan angin kencang yang disertai petir.

Untuk meringankan beban korban bencana tanah longsor, warga masyarakat bersama perangkat desa dan unsur TNI-Polri melakukan kerja bakti menyingkirkan di lokasi kejadian.

Tampil memimpin kerja bakti, Babinsa Koptu Suyanto dari Koramil-23 Karangtengah Kodim 0728 Wonogiri.

Kerja bakti difokuskan pada upaya darurat menyingkirkan material longsoran dan membenahi saluran air dalam upaya mengantisipasi bencana longsor susulan.

Kepada warga masyarakat, diserukan untuk meningkatkan kewaspadaannya, utamanya saat turun hujan deras. Utamanya warga yang bermukim di dekat lereng tebing yang terjal dan rawan longsor.

Bambang Pur