blank

SEMARANG – Tim Pengabdian Masyarakat Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Unissula memperkenalkan manfaat penggunaan aplikasi Peduli Lindungi kepada ibu –ibu PKK RT 2 RW 10 Kelurahan Beji Kecamatan Ungaran Timur pada 9 Januari 2022. Mereka adalah Nur Ekaningsih SPd MPd dan Mega Mulianing M SPd MPd. Anggota lainnya yaitu Swantyka Ilham Prahesti SPd MPd dari Universitas Ngudi Waluyo Ungaran.

Menurut ketua tim pengabdian Nur Ekaningsih SPd MPd aplikasi tersebut banyak manfaatnya selama masa pandemi Covid-19. Sejak pertama kali aplikasi ini muncul dimanfaatkan untuk mendeteksi wilayah zona pandemi Covid-19 dari mulai zona merah, kuning dan hijau. Ketika aplikasi ini digunakan bepergian, pengguna aplikasi bisa mengetahui zona wilayah yang dikunjungi melalui telepon genggam. “Seiring dengan perkembangan aplikasi ini saat ini bisa mendeteksi data individu seseorang melalui nomer telepon yang digunakan dalam vaksinasi Covid-19 terutama untuk mengetahui sertifikat vaksinasi”, ungkapnya.

Melihat banyaknya manfaat tersebut membuatnya tergerak untuk memperkenalkan aplikasi itu kepada masyarakat. “Proses bagaimana cara mendownload sampai penggunaan aplikasi ini untuk melihat sertifikat dan memanfaatkan scan barcode ketika berkunjung ke suatu tempat juga kita paparkan”, tambahnya.

Selain itu, kepengurusan berkas dan surat menyurat kedinasan saat ini sangat diperlukan aplikasi ini untuk memenuhi persyaratan yang dibutuhkan ketika mengurus hal tersebut. “Dengan mengenalkan aplikasi Peduli Lindungi diharapkan ibu-ibu PKK akan memanfaatkan telepon genggamnya untuk menjalankan aplikasi ini ketika suatu saat diminta menunjukkan sertifikat vaksinasi”, pungkas Ekaningsih.