blank
Longsor yang menerjanv rumah ibu Sutir di Dukuh Kambangan, Desa Menawan. Foto:bpbd/Suarabaru.id

KUDUS (SUARABARU.ID) – Bencana akibat cuaca ekstrem masih terus terjadi di wilayah Kabupaten Kudus. Kamis (20/1) pagi ini, sebuah rumah di RT 4 RW 5, Dukuh Kambangan, Desa Menawan, Kecamatan Gebog, rusak parah diterjang tanah longsor.

Rumah milik warga bernama Sutir tersebut mengalami kerusakan lumayan parah di bagian dapur. Sebagian atap dan tembok belakang jebol tertimpa material tanah.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Kudus Budi Waluyo mengungkapkan, terjangan longsor terjadi tepat dini hari sekitar pukul 00.00 WIB.

Saat itu, curah hujan cukup deras mengguyur hampir semua wilayah di Kabupaten Kudus.

Tebing di belakang rumah korban setinggi 5 meter dengan lebar 5 meter, tiba-tiba ambrol. Air hujan yang turun membuat material tanah menjadi gembur dan ambrol.

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Tapi rumah korban mengalami kerusakan di bagian belakang,”paparnya.

Di tempat terpisah, longsor dengan skala sama juga terjadi di Dukuh Pandak, Desa Colo, Kecamatan Dawe.

Baca juga: Hujan Lebat Semalaman, Banjir dan Longsor Terjang Kudus

Material longsor menimpa rumah milik Suharto, warga RT 2 RW 3 dan mengakibatkan sebagian dinding dapur ambrol seluas 4 x 2 meter.

Mirip dengan kejadian di Kambangan, longsor ini terjadi akibat tebing tanah di belakang rumah korban terkikis derasnya air hujan.

Atas kejadian tersebut, kata Budi, tim relawan dari BPBD dibantu personel TNI/Polri dan warga bekerja bakti membersihkan material longsor.

“Kami mengimbau semua masyarakat di kawasan rawan bencana untuk terus waspada mengingat cuaca ekstrem diperkirakan akan terus terjadi pada pekan ini,”paparnya

Tm-Ab