SEMARANG (SUARABARU.ID) – Mantapkan diri menghadapi babak baru dalam pembangunan Zona Integritas (ZI) dan pelaksanaan kinerja tahun 2022, jajaran Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah menggelar Deklarasi Janji Kinerja.
Selain Deklarasi Janji Kinerja, juga pencanangan pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), Rabu (12/1/2022).
Kegiatan yang dipusatkan di Aula Kanwil itu diikuti secara langsung oleh para Pimpinan Tinggi Pratama dan Pejabat Administrasi Kanwil, para Kepala Unit Pelaksana Teknis se Jawa Tengah, serta seluruh pegawai di masing-masing Unit Pelaksana Teknis secara virtual.
Pada kesempatan itu Kepala Kanwil, A. Yuspahruddin memimpin seluruh jajarannya mengumandangkan ikrar yang memuat 3 poin komitmen.
Menururnya, janji itu dimulai dengan menjaga kesehatan sehingga dapat bekerja secara produktif, melaksanakan perjanjian kinerja secara berkualitas dan akuntabel, dan menyiapkan langkah antisipasi dan mitigasi sedini mungkin untuk meminimalisasi risiko.
Tidak hanya dengan pelafalan, janji tersebut juga diperkuat dengan penandatanganan Komitmen Bersama Janji Kinerja antara para Kepala Divisi dengan Kepala Kanwil dan antara Kepala Unit Pelaksana Teknis, juga dengan Kepala Kantor Wilayah.
Selain itu, mereka juga menandatangani Komitmen Bersama Pembangunan ZI menuju WBK dan WBBM, yang diperkuat dengan penandatanganan Pakta Integritas antara Kepala Kanwil dengan Kepala Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Jawa Tengah.
Kepala Kanwil juga menandatangani Piagam Pencanangan Pembangunan Zona yang disaksikan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Semarang, Kepala Ombudsman Republik Indonesia Jateng dan Perwakilan Kejaksaan Tinggi Jawa
Selanjutnya, Yuspahruddin menegaskan esensi kegiatan ini. “Kami berjanji untuk melaksanakan kinerja kami. Kami sengaja minta tolong Bapak/Ibu menyaksikan, hingga nanti andaikata kami tidak melaksanakan Janji Kinerja kami dengan baik, Bapak Ibu sekalian boleh menegur kami,” ujarnya memberikan pernyataan.
Pada kesempatan itu, Yuspahruddin juga mengajak jajarannya untuk berkomitmen pelayanan yang terbaik. “Saya ajak semuanya berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik, tidak ada kecualinya,” tegas Yuspahruddin
“Saya sudah sampaikan kepada seluruh petugas, kepada seluruh Unit Pelaksana Teknis, bahwa kita bukan bos, kita adalah pelayan,” lanjutnya.
Ia juga mengungkapkan tiga fungsi ASN yang harus terus dipedomani dan dikedepankan dalam melaksanakan tugas. “Mau tidak mau, mari kita halalkan penghasilan yang kita terima itu dengan memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat,” tegasnya.
Yuspahruddin berharap, kegiatan ini mampu menjadikan jajaran Kemenkumham di Jawa Tengah sebagai Insan pengayoman yang semakin baik.
Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, perwakilan Kepolisian Daerah Jawa Tengah dan perwakilan Kodam IV Diponegoro.
Ning