blank
Wahana baru wisata air susur Sungai Kitri dengan peaddle board di Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan, Jatim.(Foto: Prokopim Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Wisata susur sungai, diperkenalkan sebagai objek pelancongan baru di Kabupaten Pacitan, Jatim. Route-nya menyusuri hulu aliran Sungai Kitri ke arah muara di Pantai Soge.

Prokopim Kabupaten Pacitan, mengabarkan, lokasi susur sungai berada di Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan, Jatim. Berada di bentang Jalur Lintas Selatan (JLS) yang memiliki potensi alam eksotik.

Upaya mempopulerkan objek wisata baru susur sungai ini, dilakukan oleh Badan Usaha Milik Desa (BUM-Des) Sidomulyo dengan menggandeng pihak swasta Explore Pacitan. Para pelancong dapat melakukan susur Sungai Kitri memakai paddle board (papan dayung).

Panjang route-nya sekitar 3 Kilometer (KM) untuk menuju finish di Pantai Soge. Objek wisata air ini, diharapkan mampu menjadi ikon wisata baru Desa Sidomulyo khususnya, dan untuk Kabupaten Pacitan pada umumnya.

Bupati Pacitan, Indrata Nur Bayuaji, hadir dalam acara uji coba wahana paddle board dengan route start hulu Sungai Kitri dan finish di Pantai Soge. Orang pertama di Kabupaten Berjuluk ‘Paradise of Java’ ini, sangat mengapresiasi inovasi pemerintah Desa Sidomulyo.

Agen Promosi

Bupati berpesan, agar semua pihak terpanggil untuk mengenalkan dan mengembangkan destinasi wisata baru ini ke publik. ”Saya berharap semua terlibat menjadi agen promosi, sehingga apa yang sudah direncanakan bisa terealisasi maksimal,” pesan Bupati.

blank
Bupati Pacitan, Indrata Nur Bayuaji, ikut melakukan ujicoba wisata susur sungai dengan start dari hulu Sungai Kitri dan finish di Pantai Soge.(Foto:Prokopim Pacitan)

Dalam kesempatan itu, Mas Aji (panggilan akrab Bupati Pacitan), berkesempatan menyusuri Sungai Kitri dengan paddle board. Mantan legislator yang hobi selancar itu, tidak mengalami kesulitan ketika melakukan susur Sungai Kitri.

Menurut Pj Kepala Desa (Kades) Sidomulyo, Haryono, inisiatif menciptakan wisata air susur sungai ini, didorong karena ingin memaksimalkan potensi Sungai Kitri yang airnya mengalir terus sepanjang musim.

Pengembangan wisata baru ini, dijalankan oleh pihak BUM-Des Sidomulyo. Setelah sebelumnya, melakukan pengembangan potensi Pantai Soge, dan industri pengelolaan air dalam kemasan yang sudah lebih dulu ada.

Bambang Pur