blank
Kapolres menyiramkan air kembang kepada salah satu anggota yang naik pangkat, hari ini. Foto: eko

KOTA MUNGKID(SUARABARU.ID)-Sebanyak 82 anggota Polres Magelang mendapatkan kenaikan pangkat, hari ini. Prosesi kegiatan tersebut dilakukan di halaman Mako Polres Magelang.

Ada yang berbeda dibanding upacara kenaikan pangkat sebelumnya. Kali ini, dalam proses upacara kenaikan pangkat, Kapolres Magelang menyiramkan air bunga kepada setiap personel yang menerima kenaikan pangkat tersebut.

“Air kembang ini melambangkan kebersihan secara tradisi. Harapannya nanti anggota dapat mengemban tugas dengan bersih dan tanggung jawab,” kata Kapolres Magelang AKBP Mochammad Sajarod Zakun.

Satu per satu anggota yang mendapatkan kenaikan pangkat menerima siraman air kembang dari Kapolres Magelang dengan menggunakan sebuah gayung.

Kenaikan pangkat itu rutin dilakukan setiap 1 Januari, diberikan kepada anggota yang telah memenuhi persyaratan untuk kenaikan pangkat. “Anggota yang sudah memenuhi persyaratan, mendapatkan anugerah pangkatnya dinaikkan satu tingkat lebih tinggi daripada sebelumnya,” katanya.

Dijelaskan, total sebanyak 82 anggota yang mendapatkan kenaikan pangkat. Terbagi menjadi dua, yaitu Perwira dan Bintara. Kenaikan pangkat dimulai dari pangkat Brigadir I sampai Ajun Komisaris Polisi (AKP). “Perwira ada 24 personel, sisanya adalah Bintara,” ungkapnya.

Kapolres berharap, dengan kenaikan pangkat yang diterima itu, personel yang bersangkutan akan menjadi lebih amanah mengemban tanggung jawab yang lebih tinggi daripada sebelumnya.

Ketika menyinggung kenaikan angka kecelakaan laku lintas yang naik sebesar 0,4 persen di tahun 2021, Kapolres menegaskan di tahun ini (2022) pihaknya akan lebih memaksimalkan kegiatan sosialisasi dan penegakan pelanggaran lalu lintas. “Karena awal terjadinya laka lantas itu dari terjadinya pelanggaran lalu lintas. Kita terus akan lakukan sosialisasi terutama untuk usia sekolah,” tandasnya.

Eko Priyono