blank
Petugas Polsek, Koramil dan Tim SAR bersiaga di Pantai Suwuk, Kecamatan Puring, Kebumen, menyusul dua anak dinyatakan hilang terseret ombak pada Minggu 2/1 siang.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Hari kedua tahun baru Minggu (2/1), objek wisata Pantai Suwuk, Kecamatan Puring, Kebumen, dibanjiri pelancong. Namun memakan korban dua anak hilang tersapu ombak.

Seluruhnya ada tujuh anak bermain di pantai tersebut yang terseret ombaak. Dua orang diantaranya dinyatakan hilang dan masih dalam pencarian. Sedangkan lima lainnya berhasil selamat.

Peristiwa nahas itu bermula saat para korban berkunjung ke Pantai Suwuk, Desa Tambakmulyo, Kecamatan Puring, bersama keluarganya.  Selanjutnya anak-anak itu mandi di tepi pantai. Dari informasi saksi mata, tiba-tiba ombak besar datang dan menyapu para korban.

blank
Tim SAR bersama personel Polsek dan Koramil masih bersiaga di kawasan Pantai Suwuk, Desa Tambakmulyo, Kecamatan Puring, Kebumen.(Foto:SB/Ist)

Dari tujuh anak  yang terbawa ombak, lima berhasil diselamatkan. Sedangkan dua korban hilang atas nama Akhmad Ramadani (9), putra  Dasirin, beralamat Rt 10/RW 03  Desa Gintungrejo, Kecamatan Gandrungmangu, Kabupaten Cilacap.

Kemudian Riandi Fitri Satria (8), putra  Nurhabib,  beralamat RT 002/RW002 Desa  Kedaleman Kulon,  Kecamatan Puring, Kebumen.

Ditinggal Beli Makanan

Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama melalui Kasi Humas Polres AKP Tugiman mengungkapkan, peristiwa kecelakaan laut itu terjadi sekitar pukul 14.40 WIB di Pantai Suwuk, Kecamatan Puring,  Minggu (02/01).

“Anak-anak ini awalnya datang ke Pantai Suwuk bersama dengan dipandu sepasang suami istri kerabatnya. Saat sedang bermain air, kerabat yang memandu pergi ke warung memesan makanan. Anak-anak yang sedang mandi itu tanpa pengawasan,”jelas AKP Tugiman saat dikonfirmasi.

Pusdalops BPBD Kebumen menyebutkan, rombongan wisata itu terdiri atas 9 oraang, 7 anak dan 2 dewasa. Ketujuh anak sedang berenang agak ke tengah di Pantai Suwuk dan tereret  ombak. 2 anak bisa menyelamatkan diri, 3 anak diselamatkan warga, 2 anak hilang terbawa arus.

Menurut HumasPusdalpops BPBD Kebumen Heri Purwoto,  upaya yang dilakukan Tim SAR, Polsek Puring dan Koramil Puring menyelamatkan korban hanyut, melakukan pertolongan kepada korban selamat dengan membawa ke rumah sakit PKU Petanahan.

Tim juga mendata korban yang selamat maupun yang belum diketemukan. Kemudian melakukan pencarian dengan cara pemantauan dan penyisiran di pinggir pantai. Tim gabungan di lapangan melibatankan POLRI, TNI, BPBD Kebumen dan SAR. BPBD Kebumen juga berkoordinasi dengan Basarnas Cilacap.

Komper Wardopo