blank
Dosen dan mahasiswa Unissula meninjau langsung green house sayuran organik

SEMARANG – Dosen Unissula mengadakan pengabdian masyarakat di Desa Manggihan Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang yang dilaksanakan sepanjang bulan Desember 2021. Tim terdiri dari Dr Asyhari MM, Dr Budi Cahyono MSi, Dr Siti Sumiati MSi, Dyana Wijayanti MPd PhD, Naila Najihah MSc dan Choiril Anwar MPd. Mereka melakukan berbagai pelatihan dan pendampingan untuk meningkatkan kwalitas SDM serta membangun green house untuk meningkatkan kwalitas pertanian.

Pelatihan bagi anggota karang taruna dan kelompok wanita tani tersebut dilaksanakan dengan menggandeng PT Sido Muncul dan CV Bangkit Merbabu. Pelatihan tersebut antara lain: pelatihan entrepreneurship, pelatihan sertifikasi sayuran organik, pelatihan marketing online, pelatihan Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Tim juga telah menghasilkan beberapa luaran antara lain artikel jurnal, publikasi media massa, display produk melalui toko online, sertifikat produk sayuran organik ke tingkat nasional, sertifikat hak cipta, pendaftaran merk dan hak paten sederhana.

Ketua tim pengabdian Dr Asyhari menyampaikan program yang mereka lakukan merupakan program penelitian kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan pengabdian kepada masyarakat berbasis hasil penelitian dan purwarupa Perguruan Tinggi Swasta (PTS) tahun 2021.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Ditjen Dikti Ristek atas kerjasama dan bantuan pendanaan program penelitian kebijakan MBKM dan pengabdian kepada masyarakat berbasis hasil penelitian dan purwarupa PTS tahun 2021 ini. Semoga berbagai pelatihan, pendampingan dan pembangunan infrastruktur yang telah dilakukan dapat meningkatkan kwalitas SDM penduduk setempat serta meningkatkan kwalitas produk pertanian untuk bisa bersaing di level nasional”, ungkap Asyhari.