ibadah Natal
Pendeta Gledys Yunia Debora Angela saat melayani firman pada ibadah Natal di GKJ Plengkung Magelang, Sabtu ( 25/12) yang berjalan secara khidmat dan lancar. Foto: Yon

MAGELANG (SUARABARU.ID); Ibadah Natal di Gereja Kristen Jawa (GKJ) Plengkung Kota Magelang dilaksanakan dengan prokotol kesehatan yang ketat. Salah satunya  yang dilakukan di GKJ Plengkung yakni  ibadah Natal dilaksanakan dua kali. Di tahun tahun sebelumnya ibadah Natal hanya sekali.Meskipun demikian tidak mengurangi kekhidmatan ibadah tersebut.

“Untuk ibadah Natal tahun 2021 ini, di GKJ Plengkung pelaksanaannya dibagi menjadi dua kali ibadah.  Ini dilakukan sesuai dengan intruksi dari Wali Kota Magelang , untuk pelaksanaan ibadah  diperbolehkan maksimal 50 persen dari kapasitas ruangan gereja,” kata Pendeta GKJ Plengkung Magelang, Pendeta Kristian Yudhi Nugroho, Sabtu (25/12).
Kristian mengatakan, ibadah Natal tersebut untuk sesi pertama dilakukan pada pukul 06.00 WIB,sedangkan  ibadah kedua  pada pukul 08.30 WIB.
Menurutnya, pembagian jam ibadah Natal tersebut untuk menghindari penumpukan jemaat selama ibadah berlangsung.
Selain itu,  untuk memfasilitasi jemaat  yang ada di rumah, baik yang adiyuswa atau sakit,  majelis gereja juga memberikan layanan ibadah secara live streaming melalui kanal yuotube GKJ Plengkung.

“Ibadah secara live streaming ini telah dilakukan sejak adanya pandemic covid-19 dua tahun silam,”katanya.
Ia menambahkan, pembagian jam ibadah tersebut dilakukan, karena biasanya saat ibadah Natal, jemaat yang datang  bisa mencapai 600 orang dan juga banyak jemaat yang datang dari luar kota.

Selain itu, saat ibadah malam Natal pada Jumat ( 24/12) dan ibadah Natal ( 25/12), pihak gereja membatasi jumlah jemaat untuk mengikuti ibadah secara tatap muka, hanya sebanyak 150 orang untuk sekali ibadah.

 

Bersyukur

 

Sementara itu, Pendeta Gledys Yunia Debora Angelita dalam kotbahnya mengatakan, Tuhan Yesus  yang telah lahir ke dunia 2000 tahun silam , telah menbawa terang bagi kehidupan manusia yang rapuh  saat ini.

“Kiranya suka cita Natal dapat terus kita rasakan dalam hidup. Sebab,  Tuhan Yesus baik untuk kita dan penyertaan-Nya  tak lekang oleh waktu,”ujarnya.

Ia menambahkan, Yesus Kristus yang lahir ke dunia ini membawa terang dan menyelamatkan manusia dari kerapuhan dan menjadikan manusia tidak binasa, melainkan hidup yang kekal.

Menurutnya, Allah mempunyai tujuan dalam hidup tiap-tiap manusia, baik jalan yang penuh kerikil tajam bahkan jalan yang cukup terjal.

Gledys menambahkan, suka cita Natal bagi umat manusia, utamanya seluruh umat Kristen di GKJ Plengkung Magelang ini yakni bisa merayakan Natal bersama di tengah segala keterbatasan karena adanya pandemic covid-19.

“Kita wajib bersyukur saat ini kita bisa merayakan Natal bersama meskipun secara terbatas, setelah hampir dua tahun tidak bisa merayakan karena adanya pandemic covid-19 ini,”imbuhnya.

Sebelum pelaksanaan ibadah petugas gereja juga melakukan sterilisasi tempat duduk dan perlengkapan lainnya dengan memyemprotkan cairan disinfektan.

Selain itu, untuk memberikan rasa nyaman dan aman, tim Gegana Polda Jateng melakukan sterilisasi seluruh ruangan yang ada di gereja, dengan menggunakan alat metal detector dan juga dengan anjing pelacak. Yon