blank
Sebanyak 2.540 orang mengikuti seleksi CAT serentak, untuk pengisian formasi kekosongan 292 perangkat desa di Kabupaten Wonogiri.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Sebanyak 2.540 peserta, Kamis (9/12), mengikuti seleksi pengisian kekosongan jabatan perangkat desa di Kabupaten Wonogiri.

Mereka itu berebut untuk mengisi kekosongan formasi perangkat desa sebanyak 292. Ini berarti, peluang peserta seleksi yang diterima hanya sekitar 11,2 persen.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Wonogiri, Antonius Purnama Adi SSos, MSi, menyatakan, total peserta terdaftar sebanyak 2.596 orang. Total yang hadir mengikuti seleksi sebanyak 2,540 orang, ada sebanyak 56 peserta yang tidak hadir mengikuti seleksi.

Seleksi digelar serentak se Kabupaten Wonogiri, melalui Computer Assisted Test (CAT), dengan mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes) pencegahan Covid-19. Untuk pelaksanaannya, Pemkab bersama Dikbud menjalin kerja sama dengan sekolah-sekolah yang memiliki lab computer.

Kasubsi Penmas Humas Polres Wonogiri, Aipda Iwan Sumarsono, menyatakan, Kapolres AKBP Dydit Dwi Susanto telah menginstruksikan semua Kapolsek untuk memimpin pengamanan jalannya seleksi perangkat desa di wilayahnya masing-masing.

Dari Kecamatan Eromoko, dilaporkan, pengamanan seleksi perangkat desa dipimpin Kapolsek AKP Surono. Ikut hadir jajaran Forkompincam bersama dua Anggota DPRD Wonogiri, Widiyatno dan Ari Sumantri.

Kecamatan Eromoko

Seleksi CAT perangkat desa berlangsung di SMK Giriwacana Eromoko. Diikuti 12 peserta, terdiri atas 5 peserta untuk pengisian formasi di Desa Tegalharjo dan 7 peserta untuk Desa Baleharjo.

blank
Jajaran Forkompincam yang terdiri atas Camat, Danramil dan Kapolsek beserta pejabat terkait, memberikan pengawasan seleksi serentak perangkat desa.

Kapolsek Karangtengah, Iptu Mujiyo, melaporkan, seleksi CAT perangkat desa digelar di SMP Sultan Agung Kecamatan Tirtomoyo. Diikuti 17 peserta untuk mengisi 4 formasi jabatan perangkat desa yang kosong.

Seleksi CAT perangkat desa di Kecamatan Slogohimo dihadiri 287 dari 290 pendaftar dari 13 desa. Ada 3 pendaftar yang tidak hadir. Seleksi digelar di SMP Negeri 1 dan 2, SMA Negeri 1, dan di SMP Pancasila 6.

Kapolsek Ngadirojo Iptu Anom Prabowo, melaporkan, sebanyak 45 pendaftar hadir semua mengikuti seleksi bertempat di SMP Negeri 2. Ada tiga formasi yang kosong diperebutkan oleh 45 peserta, yakni untuk jabatan Kaur Perencanaan di Desa Gemawang, satu jabatan Kadus di Desa Kerjokidul, dan jabatan Kasi Pelayanan di Desa Ngadirojolor.

Di Kecamatan Giriwoyo, seleksi CAT perangkat desa digelar di SMP Negeri 1 dan 2, SMK Pancasila 9 dan SMK Muhamadiyah 3. Dihadiri Plt Camat Fuad Wahyu Pratama, Danramil 08/Giriwoyo Kapten (Inf) Sriyono, Kapolsek Iptu Sumarwan bersama pejabat terkait.

Sementara itu Kapolsek Manyaran, Iptu Wartadi, melaporkan, seleksi perangkat desa digelar di SMP Negeri 1 dan 2, di SMA Negeri 1. Di Kecamatan Jatipurno, seleksi dilaksanakan di SMK Yayasan Ibu S Soemoharmanto (YISS), diikuti 46 peserta.

Bambang Pur