blank
Kepala Divisi Administrasi Kumham Jateng, Jusman Ali saat memberikan pengarahan kepada peserta psikotes di Badiklat Jateng. Foto: Dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Animo besar para calon Taruna dan Taruni Poltekip-Poltekim Tahun Anggaran 2021 dalam mengikuti psikotes tampak nyata.

Hal itu terlihat saat para peserta berusaha semaksimal mungkin mengerjakan tes yang berlangsung di Balai Diklat Hukum dan HAM Jawa Tengah, Rabu (1/12/2021).

Pada masa pandemi Covid-19 ini, psikotes dilaksanakan secara online dengan komputer. Terjadwal sebanyak 76 peserta mengikuti psikotes yang terbagi dalam 2 sesi.

Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah, A. Yuspahruddin didampingi Kepala Divisi Administrasi, Jusman Ali, Kepala Bagian Umum, Febri Nurdian Satriatama, Kepala Sub Bagian Kepegawaian, TU & Rumah Tangga, Meivita Dewi Widyastuti bersama tim panitia dari Biro Kepegawaian Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI meninjau langsung tempat pelaksanaan psikotes.

Pada kesempatan tersebut, Jusman memberikan arahan kepada seluruh peserta. Ia menyampaikan pada seluruh peserta bahwa psikotes tidak ada jawaban yang salah dan benar.

“Psikotes itu tidak ada jawaban benar atau salah, tetapi hasilnya dapat menunjukkan siapa diri anda,” ujar Jusman

“Tujuan dari seleksi ini adalah untuk menggali karakter kalian semua, apakah sudah sesuai dengan kebutuhan Kementerian Hukum dan HAM atau belum. Jadi Kami harapkan seluruh peserta mengerjakan dengan fokus, tenang dan berkonsentrasi,” ungkapnya.

Jusman menyampaikan bahwa pelaksanaan seleksi ini bersih tanpa KKN. “Jika ada oknum yang menjanjikan untuk meluluskan maka itu penipu, jangan dipercaya. dan jika ada yang terbukti melakukan kecurangan maka akan didiskualifikasi.” tandasnya.

Pada kesempatan itu Jusman mengingatkan kepada seluruh peserta untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Ning