blank
Kepala SMAN 1 Welahan M. Suriyanto, S.Pd bersama Duta SMA Negeri 1 Welahan, Jepara Nor Unsa Akmal, Arum Larosati dan Nabila Ullyana dan guru pembimbing Fatikhah Zam Zam, S.Pd

Oleh : Fatikhah Zam Zam, S.Pd

Duta SMA Negeri 1 Welahan, Jepara Nor Unsa Akmal, Arum Larosati dan Nabila Ullyana berhasil menorehkan prestasi membanggakan pada ajang lomba Kihajar STEM 2021 yang diselenggarakan oleh Pusat Data dan Teknologi Informasi Kemedikbud Ristek. Sekolah ini ditetapkan oleh dewan juri sebagai juara terkomunikatif (The Most Communicative) jenjang SMA Tingkat Nasional.

Kihajar STEM 2021 merupakan wadah eksplorasi untuk peserta didik di satuan pendidikan SD, SMP, SMA dan SMK/ sederajat dan SILN agar  memiliki ketrampilan berfikir kritis, kreatif, kolaboratif dan mampu berkomunikasi dalam menyelesaikan masalah atau project berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, Math) melalui pendayagunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Mereka didampingi guru pembimbing Fatikhah Zam Zam, S.Pd dan diarahkan langsung oleh Kepala SMAN 1 Welahan M. Suriyanto, S.Pd

blank
Duta SMA Negeri 1 Welahan, Jepara Nor Unsa Akmal Arum Larosati dan Nabila Ullyana bersama guru pembimbing Fatikhah Zam Zam, S.Pd

Lomba Kihajar STEM berlangsung dalam waktu 2,5 bulan. Agak berbeda dengan  lomba pada umumnya dan memberikan tantangan yang lebih kepada peserta  Gen Kihajar STEM.

Tahap pelaksanaan Kihajar STEM dimulai dengan registrasi.  SMAN 1 Welahan mendaftar pada tanggal 26 Juni 2021 dan  dilanjutkan mengikuti tes Basic pada Minggu tanggal 27 juni 2021 secara online. Ternyata pada tes Basic yang diikuti oleh 270 SMA se Jateng, SMAN 1 Welahan dengan Kode JATENG.03.00291 mendapat peringkat 8, sehingga terpilih  ke tahap intermediet yang diikuti oleh peringkat 1-20 dari peserta SMA  se Jateng, yang dilaksanakan pada tanggal 11 Juli 2021.

blank
Nor Unsa Akmal Arum Larosati dan Nabila Ullyana bersama guru pembimbing Fatikhah Zam Zam, S.Pd

Pada tahap intermediet  diambil tiga besar untuk mewakili Jateng ke tahap final Kihajar STEM  dan SMAN 1 Welahan memperoleh peringkat 2. Akhirnya maju ke tahap final. Pada tes Basic dan Intermediet, peserta diuji dengan tes soal akademik untuk kemampuan matematika dan sains (kimia, fisika, biologi) .

Untuk tahap final ada 3 tahap yaitu tahap problem solving, tahap pembuatan video tema dan tahap presentasi. Tanggal 5 Juli – 8 Agustus adalah waktu yang diberikan kepada Gen Kihajar  untuk  pembuatan video problem solving.

blank

SMAN 1 Welahan mendapat tantangan untuk memecahkan masalah keamanan lingkungan sehingga untuk problem solving membuat alat alarm penangkap maling. Alat yang menggunakan arduino ini dapat  memberitahukan kepada tuan rumah lewat miscall dan sms jika ada maling.

Pada final tahap 2 pembuatan  video yang bertema lingkungan. Pada tahap 2  mengambil tema pengolahan air  limbah rumah tangga dengan Teknologi Proses Lumpur Aktif  (PLA) dan diberi waktu selama 2 minggu untuk menyelesaikan video tema.

Sampai di final tahap akhir adalah presentasi Pengolahan air limbah rumah tangga dengan Teknologi Proses lumpur aktif (PLA). Demikian kami mengikuti lomba Kihajar STEM dengan tahapan lomba yang menantang, hampir setiap 2 minggu kami harus membuat karya untuk  memenuhi tahapan final.

Mulai dari mencari ide pemecahan masalah, mendesain alat atau membuat prototype, kemudian membuat naskah untuk mengkomunikasikan prototype yang dibuat dalam bentuk video , belum lagi jika prototype yang dibuat belum berhasil memecahkan masalah, gen Kihajar harus mendesain ulang.

blank

Selama proses pembuatan video tim  berusaha mengemas agar tampilan video merupakan karya seni yang bisa menarik perhatian penonton, dengan memadukan bagaimana teknologi dikemas dengan vlog dan siaran berita jadi tidak monoton dan membosankan dalam  menyampaikan ide/prototipe . Sampai akhirnya pada tanggal 13 September 2021 , gen Kihajar SMAN 1 Welahan menempuh final tahap akhir yaitu presentasi melalui zoom.

Untuk tahap final  lomba Kihajar STEM tingkat SMA diikuti 100 SMA se Indonesia, kami merasa bahagia bisa menuju final dan rasa haru serta bersyukur,  akhirnya acara  Anugerah Kihajar STEM 2021,  gen Kihajar SMAN 1 Welahan menjadi juara terkomunikatif (The Most Communicative) jenjang SMA .

Lomba Kihajar STEM ini benar-benar telah memberikan pengalaman dan proses belajar yang luar biasa kepada gen Kihajar STEM untuk memperoleh kemampuan 4C (Critis, creative, colaboratif dan comunikatif). Jika ada yang penasaran Kihajar STEM artinya Kita Harus Belajar STEM (Science, Technology, Engineering, Math). Demikian cerita dan tantangan gen Kihajar SMAN 1 Welahan , semoga bermanfaat  dan semakin banyak peserta gen Kihajar Jepara. Salam Merdeka Belajar (**)