aprilia
Aprilia Palupi, guru pertanian di SMKN 1 Bansari, Kabupaten Temanggung, meraih dua penghargaan tingkat nasional. Yakni, penghargaan dalam lomba kompetensi guru pertanian 2016 dan guru inspiratif di masa pandemi 2020. Foto: Istimewa.

TEMANGGUNG, (SUARABARU.ID)- Aprilia Palupi, guru pertanian di SMKN 1 Bansari, Kabupaten Temanggung, meraih dua penghargaan tingkat nasional.  Yakni, penghargaan dalam lomba kompetensi guru pertanian 2016 dan guru inspiratif di masa pandemi 2020.

Penghargaan kedua yakni guru inspiratif tersebut diperoleh atas inovasinya menerapkan pembelajaran jarak jauh, sebelum ada pandemic covid-19.

“Awalnya metode jarak jauh itu untuk memantau anak didik saya, karena saat itu saya sering berkegiatan di luar sekolah dan pelatihan-pelatihan,”kata Aprilia, Kamis ( 25/11).

Aprilia mengatakan, setelah itu, metode jarak jauh saya khususkan untuk memberikan materi kebencanaan. Karena sekolah tempatnya mengajar  berada di bawah  Gunung Sumbing. Sehingga, dirasakan sangat penting bagi para siswanya  dibekali materi kebencanaan bagi siswa.

Menurutnya,saat pandemi covid-19 berlangsung dan pemerintah menerapkan pembelajaran jarak jauh, menjadikan para  siswa di SMK 1 Bansaru  sudah terbiasa dan an tidak ada kendala  saat  diberlakukan  pembelajaran jarak jauh.

Hingga saat ini, Palupi masih terus berinovasi untuk memberikan metode yang terbaik bagi pendidikan.Yakni,satu  siswa satu produk.

“Ini untuk bekal mereka ke depan. Ini untuk pelajaran produk kreatif kewirausahaan,” katanya.

Ia menambahkan, untuk metode tersebut, ia mendampingi siswa mulai dari perencanaan, penentuan passion ( keinginan seseorang untuk melakukan sesuatu yang ia suka atau dianggap penting), bentuk, brand, packaging ( pengemasan), hingga  penjualan.

“Hasil produk itu saya minta untuk dipasarkan di media social  dan di tag ke saya. Harapannya bisa buat bekal mereka ketika sudah lulus,” jelasny

Aprilia menambahkan, semangatnya  untuk berinovasi tersebut tidak lepas dari dukungan seluruh komponen masyarakat , termasuk Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

” Pak Gubernur Ganjar Pranowo  sangat luar biasa selalu menghargai dan mengapresiasi guru-guru berprestasi . selain itu, juga mendukung  kegiatan yang dilaksanakan terutama untuk kemajuan pendidikan Jawa tengah,” tuturnya. Yon