Dendi Ramadhona bersama Ganjar Pranowo melakukan rekaman video, yang berisi pesan singkat Gubernur Jateng untuk warga Kabupaten Pesawaran. Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menerima kunjungan Dendi Ramadhona, Bupati Pesawaran, Provinsi Lampung, di Rumah Dinas Puri Gedeh, Kamis (11/11/2021).

Dalam kesempatan itu, keduanya saling bertukar pikiran mengenai pola pembangunan dan kebijakan di daerah masing-masing.

Dendi Ramadhona mengatakan, Kabupaten Pesawaran dan Jateng memiliki ikatan historis. Daerah itu lahir karena banyak transmigran dari Jateng, di antaranya Bagelen, Karanganyar, dan Kutoarjo.

BACA JUGA: Ganjar Kembali Ingatkan Jajarannya untuk Tidak Korupsi

”Saya dari Kabupaten Pesawaran, silaturahim ke beliau. Sowan karena daerah saya itu cikal bakalnya juga dari Jawa Tengah, ada dari Bagelen Karanganyar, dan Kutoarjo. Saya bertukar pikiran dengan Bapak Gubernur yang luar biasa,” kata Dendi, usai bertemu Ganjar.

Pernyataan Dendi itu juga diperkuat dengan buku naskah arsip ‘Penelusuran Sejarah Kolonisasi Desa Bagelen Kecamatan Gedong Tataan Afdeeling Telok Betong (1905-1930)’.

Dalam buku itu disebutkan, wilayah Pesawaran merupakan lokasi transmigrasi pertama yang dipilih pemerintah Hindia Belanda pada 1905. Proyek itu juga disebut kolonisasi masyarakat Kedu di Pulau Jawa ke daerah Gedong Tataan, Telok Betong, Lampung.

BACA JUGA: Curah Hujan Tinggi, Jalan Penghubung Desa Ketep Longsor

Ikatan historis itu juga yang membuat Dendi berusaha menggali ilmu dari Ganjar Pranowo, khususnya terkait pola-pola pembangunan dan kebijakannya di Jateng.

Kami minta masukan, agar bisa kami aplikasikan di Kabupaten Pesawaran. Hampir satu jam kami berbincang, rupanya keluar semua ilmunya. Dan Insya Allah akan kami aplikasikan segala wejangan dan juga program beliau yang berhasil di Jawa Tengah untuk dibuat di Kabupaten Pesawaran,” ungkapnya.

Pada akhir pertemuan, Ganjar Pranowo dan Dendi saling bertukar cinderamata. Ganjar menerima peci tapis sulam jelujur khas Lampung. Peci itu diproduksi di Desa Sungai Langka, Gedong Tataan, Kabupaten Pesawaran. Sedangkan Dendi menerima cinderamata dari Ganjar, berupa kain lurik Klaten dan beberapa produk UMKM dari Jateng.

Dalam kesempatan itu, Ganjar juga menitipkan salam kepada masyarakat Kabupaten Pesawaran, melalui video singkat yang direkam sendiri oleh Dendi. ”Salam buat semua warga Pesawaran,” ungkap Ganjar.

Riyan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here