blank
Dandim (tengah) meninjau vaksinasi massal di Pakis, hari ini. Foto: eko

KOTA MUNGKID(SUARABARU.ID)-Dandim 0705/Magelang, Letkol Arm Rohmadi, meninjau pelaksanaan bakti sosial dan serbuan vaksinasi di Kecamatan Pakis, Jumat (22/10/2021). Sebelumnya sudah dilakukan vaksinasi massal beberapa hari sebelumnya.

Kegiatan hari ini digelar di Gedung Olahraga Desa Gumelem, Pakis, Kabupaten Magelang. Vaksinasi tersebut diselenggarakan oleh Rumah Sakit Tentara (RST) dr Soedjono dan Kodim 0705/Magelang.

Dandim Magelang menyampaikan bahwa Kodim 0705/Magelang bersama dengan instansi terkait berkomitmen untuk menyukseskan program vaksinasi nasional. Hal itu dimaksudkan untuk mencapai target capaian vaksin di setiap wilayah.

“Kodim Magelang akan terus berupaya mendukung pemerintah, agar program vaksinasi di Kota dan Kabupaten Magelang ini bisa sukses dan mencapai target,” kata Dandim.

Kecuali program vaksinasi massal, Forkompimda juga terus melaksanakan edukasi dan pengawasan terhadap protokol kesehatan (Prokes). Yakni, memakai masker, menjaga jarak, menghindari/menjauhi kerumunan, mencuci tangan pakai sabun di air mengalir, serta tidak bepergian kecuali untuk keperluan yang mendesak/penting.

”Hanya lewat disiplin penerapan Prokes dan vaksinasi sesuai target paparan Covid-19 dapat dicegah secara efektif,” ungkapnya.

Selain Dandim, turut hadir Pasi Ops Kapten Inf Heri Wibowo, Camat Pakis Rahmat Pambudi, Danramil 08/Pakis Kapten Inf I Ketut Kukuh, dan Kapolsek Pakis Iptu S Mulyanto.

Dari 1.475 orang yang telah terdaftar, 1.434 orang di antaranya dapat melaksanakan vaksin Sinovac tahap pertama. Sisanya sejumlah 41 orang gagal screening dikarenakan berbagai kendala. Antara lain akibat tensinya tinggi.

Eko Priyono-Mul