blank
Tim SAR Gabungan tengah melakukan pencarian dengan penyelaman dan penyisiran di perairan Nusakambangan. Foto: Dok/ist

CILACAP (SUARABARU.ID) – Kapal Pengayoman IV Rute Dermaga Wijayapura ke Dermaga Sodong terbalik di Perairan Nusakambangan, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap pada Jumat (17/9/2021) sekitar pukul 09.00 WIB.

I Nyoman Sidakarya selaku Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap mengatakan, Kapal Pengayoman IV Rute Dermaga Wijayapura ke Sodong terbalik di perairan Nusakambangan Kabupaten Cilacap.

“Pada pukul 08.50 WIB, Kapal Pengayoman IV berangkat dari Dermaga Wijayapura Cilacap menuju ke Dermaga Sodong Nusakambangan, dengan mengangkut pasir split, dua unit truk dan satu sepeda motor. Namun dalam perjalanan, kapal terbalik yang dimungkinkan akibat hembusan angin kencang dan arus kuat hingga mengakibatkan kapal hilang kendali di titik koordinat 07°44’25.5″ S 108°59’29” E,” ungkap I Nyoman melalui rilisnya, Jumat (17/9/2021).

Diketahui hingga sekarang untuk jumlah ABK yang dievakuasi ada 7 orang, 5 orang berhasil selamat dan 2 orang meninggal dunia di RSUD Cilacap.

Korban selamat bernama Subagyo Antoro, warga Desa Kuripan RT.02/RW.09 Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap (Kapten Kapal), Melda Subondo, warga Kelurahan Mersi RT.04/RW.04 Kecamatan Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas (anggota CPNS Lapas Batu), Diki, warga Desa Tumiyang RT.01/RW.03 Kecamatan Kebasen Kabupaten Banyumas, Suheris (supir truk) warga Jalan Damar RT.06/RW.09 Kelurahan Tritih Kulon Kecamatan Cilacap Utara Kabupaten Cilacap, dan Yulianto (teknisi proyek).

Sedangkan korban meninggal dunia adalah Wahyu Hidayat, warga Desa Karangreja RT.01/RW.03 Kecamatan Maos Kabupaten Cilacap (anggota Lapas batu Nusakambangan), dan Kardim, warga Jalan Sengon No. 36 RT.02/RW.04 Kelurahan Tritih Kulon, Kecamatan Cilacap Utara, Kabupaten Cilacap.

Menurut I Nyoman, upaya yang dilakukan tim SAR Gabungan hingga sore ini masih melakukan penyelaman dan penyisiran di permukaan air di lokasi kapal terbalik, untuk memastikan bahwa sudah tidak ada tanda-tanda korban yang masih di dalam kapal tersebut.

Diketahui jenis Kapal Pengayoman IV tahun pembuatan 2012 Merk Cummins 6 GTA 8.3″ berukuran 25.35 meter x 7 meter x 2.5 meter Tonase bersih 41 GT dan Kotor 134 GT jumlah glatak 1 dan baling-baling 2 unit Rute Pelabuhan Wijayapura ke Dermaga Sodong Nusakambangan.

Sementara untuk Alut SAR yang di kerahkan antara lain RIB, Rubber Boat, KN 425, KLN 526, KAL Serayu, Tugboat, Kapal Survey, dan Kapal Rambu.

Sedangkan unsur SAR Gabungan yang terlibat terdiri dari Basarnas Kantor SAR Cilacap, Lanal Cilacap, Kodim Cilacap, Polres Cilacap, BPBD Cilacap, Kemenkumham, KSOP Cilacap, Disnav Cilacap, Possi Cilacap, Pelindo Cilacap, Rapi Cilacap, Act, Cilacap Rescue, MDMC, PMI Cilacap, dan SAR MTA.

Ning