blank
Pemotongan tumpeng menandai peringatan HUT Polwan, kemarin. Foto: eko

KOTA MUNGKID(SUARABARU.ID)- Peringatan Hari jadi ke-73 Polwan dilakukan oleh jajaran Polres Magelang, kemarin. Acara di Gedung Bhayangkara Utama Polres Magelang itu mengambil tema: Transformasi Polri yang presisi Polwan siap mendukung percepatan penanganan Covid-19 untuk masyarakat sehat dan pemulihan ekonomi nasional menuju Indonesia maju.

Kegiatan tersebut berbentuk tasyakuran yang digelar secara sederhana dengan pemotongan tumpeng dan penyerahan hadiah kepada polwan yang berprestasi.
“Semoga di hari jadi yang ke-73 ini Polwan dapat semakin maju dan berkiprah dengan lebih baik dalam memberikan pelayanan, pengayoman, perlindungan dan penegakan hukum kepada masyarakat,” kata Kapolres Magelang AKBP M Sajarod Zakun.

Saat membacakan sambutan Kapolda Jateng, dikatakan bahwa peran Polwan dalam kedinasan Polri saat ini memiliki posisi yang begitu penting. Karena Polwan tidak hanya ditempatkan pada bagian staf saja, tetapi ada juga yang berada di bagian operasional. “Harus diakui ada pekerjaan di mana Polwan secara umum dinilai lebih mampu daripada polisi pria. Seperti penanganan kasus kejahatan yang melibatkan wanita dan anak-anak, penyampaian negosiasi kepada masyarakat dan tindakan persuasif lainnya,” lanjut Sajarod.

Disampaikan, sudah banyak jabatan-jabatan penting di lingkungan Polri diisi oleh Polwan. Hal tersebut merupakan bukti bahwa eksistensi Polwan cukup diperhitungkan di lingkungan kepolisian.

“Saya mengajak seluruh Polwan untuk menjadikan peringatan ini sebagai wahana meningkatkan pengabdian kepada bangsa dan negara,” ajaknya.

Kabag SDM Polres Magelang Kompol Budi Suwarni mengatakan dalam acara tersebut dilakukan pemotongan tumpeng dan kue oleh Ketua Bhayangkari Cabang Magelang. “Tumpeng diserahkan kepada Polwan yang akan memasuki masa purnatugas yaitu AKP Juminten dan kue kepada Polwan termuda yaitu Bripda Alya Nurhaimi,” kata Budi Suwarni.

Kapolres Magelang juga memberikan penghargaan kepada Polwan berprestasi. Dalam hal ini Polwan yang menjabat sebagai Bhabinkamtibmas di Polsek Mertoyudan dan Polsek Tempuran.

Setelah acara peringatan hari jadi Polwan dilanjutkan dengan mengikuti kegiatan syukuran secara virtual dari Mabes Polri yang dipimpin Kapolri.

Dalam acara HUT Polwan kali ini dilaksanakan terbatas dengan mematuhi protokol kesehatan.

Eko Priyono