blank
Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama menyerahkan Legislative Award 2021 DPRD setempat kepada Komper Wardopo, kategori Jurnalis Peduli Covid-19.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Wartawan media on line Suarabaru.id di Kebumen, Komper Wardopo, meraih penghargaan Legislative Award 2021 dari DPRD Kebumen untuk kategori Jurnalis Peduli Covid-19.

Penganugerahan penghargaan dilakukan usai Rapat Paripurna DPRD Kebumen Peringatan Hari Jadi ke-392 yang diisi Pidato Bupati Arif Sugiyanto di Gedung DPRD setempat, Sabtu (21/8).

Acara dihadiri Wakil Bupati Kebumen Ristawati Purwaningsih dan Ny Arif Sugiyanto. Adapun Forkompinda, Sekda, Dansecata serta  pimpinan BUMD bergantian menyerahkan penghargaan tersebut.

Rapat Paripurna DPRD Kebumen Hari Jadi ke 392 itu dipimpin Ketua Dewan Sarimun, didampingi Wakil Ketua Fuad Wahyudi, H Agung Prabowo dan Yuniarti Widayaningsih.

Adapun dua nominator Jurnalis Peduli Covid Supriyanto (Suara Merdeka) disusul Lukman Hakim Rifangi (Sorot.co). Ketiga nominator itu memperoleh Piagam Penghargaan, Tropi, Batik Kebumen dan tali asih.

Tokoh Sukarelawan Peduli Covid-19 diraih Muhsinun MEI (Ketua Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim PCNU Kebumen), dr Hasan Bayuni (Lazismu) Kebumen, dan Suparman (Tim pemakaman BPBD Kebumen).

blank
Pimpinan DPRD Kebumen dan Bupati Arif Sugiyanto serta Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih bersama Forkompinda.(Foto:SB/Ist)

Kategori Organisasi Kemasyarakatan yang berperan dalam penanganan Covid-19 diraih PMI Kebumen, disusul Banser Siaga Bencana (Bagana), dan Unit Bantu Pertolongan Pramuka (Ubaloka).

Legislative Award 2021 Desa Siaga Bencana jatuh ke Desa Ngasinan, Kecamatan Bonorowo, disusul Desa Bejiruyung Sempor dan Desa Jerukagung Klirong.

Untuk Tenaga Kesehatan Berperan dalam Penangan Covid-19 diraih dr Hj Jen Alif Latifah Helmy (Puskesmas Karanggayam 1),  dr Mardiatu Rahayu SpP (RSU PKU Gombong) dan Joko Mardiono SKep Ners (RSUD dr Sudirman Kebumen).

Anggota DPRD Peduli

blank
Bupati Arif Sugiyanto bersama anggota DPRD Kebumen peraih Legislative Award 2021.(Foto:SB/Ist)_

Sedangkan Penghargaan Legislative Award Unsur DPRD Predikat Legislator Disiplin peringkat 1 diraih Agus Supriyanto, disusul Wahid Mulyadi, dan Saman Halim Nurrohman. Legislator Aspiratif Adhitya Whisnu Bayu Aji, 2. Suprijanto, 3. Hj Ermi Kristanti.

Legislator Peduli Covid-19 Suprijanto, Fitria Handini, 3. Noviandri Dwi Alhadi. Legislator Friendly Bagus Setiyawan, Sarimun, Miftahul Ulum. Legislator Favorit diraih Hj Ermi Kristanti, Suprijanto, Adhitya Whisnu Bayu Aji.

Tim Penilai Legislative Award 2021 DPRD Kebumen dipimpin akademisi Dr H Imam Satibi MPdI (Rektor UMNU Kebumen),  didampingi KH Moh Dawamudin Masdar MAg (Ketua PCNU Kebumen) dan Nanang W Hartono (PWI Kebumen) dan direksi BUMD.

Ketua DPRD Kebumen Sarimun menyatakan, tema Legislative Award 2021 ini disesuaikan dengan kondisi saat ini, yakni Bangkit dari Pandemi. Adapun penghargaan diutamakan diberikan kepada pihak dan lembaga yang turut andil dalam penanggulangan Covid-19 dan berjasa bagi masyarakat.

“Tahun ini disesuaikan dengan era Pandemi. Pilihan terbaik kepada yang terlibat dan berperan aktif dalam penanggulangan Covid-19. Diharapkan penghargaan DPRD Kebumen ini sebagai pemantik semangat para nominator dan yang lain,”imbuh wakil rakyat dari PDIP itu.

Bupati Arif Sugiyanto menyatakan, kegiatan Legislative Award merupakan bentuk penghargaan yang patut diapresiasi karena diberikan oleh lembaga DPRD kepada berbagai komponen atas karya nyata.

Bupati juga menghargai kiprah Dewan telah melakukan fungsi kontrol dengan baik juga terlibat dalam penanganan Covid-19. Bahkan bersama eksekutif dan komponen lain ikut mengencangkan ikat pinggang untuk keselamatan rakyat.

Bupati mengajak setiap elemen masyarakat terus menerapkan kebiasaan sesuai anjuran Pemerintah mematuhi protokol kesehatan serta menjalani vaksinasi. Dengan demikian pandemi diharapkan cepat berlalu sehingga masyarakat bisa beraktivitas seperti biasa dan roda ekonomi pulih.

Komper Wardopo-Mul