blank

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Pemkot Magelang bekerja sama dengan Taman Kyai Langgeng Minggu (15/8) menggelar kegiatan vaksinasi massal untuk warga setempat, dengan tagline ‘wisata vaksin’.

Lokasi Taman Kyai Langgeng 1 (patung kepodang) untuk warga Kelurahan Tidar Utara, Kelurahan Tidar Selatan, Kelurahan Rejowinangun Selatan dan Kelurahan Magersari.

Berikutnya lokasi Taman Kyai Langgeng 2 (rumah apung) untuk warga Kelurahan Kemirirejo, Kelurahan Cacaban, Kelurahan Jurangombo Utara dan Kelurahan Jurangomo Selatan.

Lokasi lainnya, kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Magelang, Intan Suryahati, juga di Gedung Kyai Spanjang untuk warga dengan KTP Kota Magelang Wilayah Kerja Puskesmas Magelang Utara, dan di Gedung Wanita untuk warga dengan KTP Kota Magelang Wilayah Kerja Puskesmas Magelang Tengah.

‘’Tujuan vaksinasi massal sebagai upaya untuk menekan kasus Covid-19. Sasaran vaksinasi massal 2.000 orang, masyarakat dapat mendaftar offline ke Babinsa di kelurahan masing-masing, dan secara online pada aplikasi Peduli Lindungi, https://pedulilindungi.id/,’’ tutur Intan.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Magelang, Yis Romadhon menambahkan, saat ini jumlah penduduk Kota Magelang yang sudah divaksin sebanyak 31.277 orang, dari target 98.184 sasaran.

‘’Sesuai yang ditargetkan pemerintah pusat, untuk pelaksanaan vaksinasi di Kota Magelang maksimal akhir tahun selesai. Kami mengupayakan target 98.184 sasaran tersebut rampung,’’ ujarnya.

Menurutnya, pada tanggal 13 dan 14 Agustus 2021 sudah dilakukan vaksinasi di puskesmas sesuai domisili, dan akan dilanjutkan pada tanggal 16 Agustus mendatang. Sasarannya sekitar 2.500 orang.

Pelayanan vaksin di puskesmas dibuka sesuai jam kerja, yakni Senin-Kamis dan Sabtu pukul 08.00 – 12.00 WIB, serta Jumat pukul 08.00 – 11.00 WIB.

Direktur Taman Kyai Langgeng Arif Taat Ujiyanto mengatakan, berwisata selama PPKM masih dilarang, maka lebih tepat nama kegiatan itu ‘vaksin di suasana tempat wisata. ‘’Target vaksinasi di Taman Kyai Langgeng sekitar 1.000 orang,’’ katanya Sabtu (14/8).

Menurutnya, vaksin dilaksanakan dengan prokes yang ketat. Apalagi luas  Taman Kyai Langgeng menapai 27 hektare, sehingga mendukung dilaksanakannya prokes. ‘’Cuma fasilitas seperti wahana masih off karena PPKM,’’ tuturnya.

 

Penulis : prokompim/pemkotmgl

Editor  : Doddy Ardjono