blank
Kapolres Magelang Kota AKBP Asep Mauludin menyerahkan bantuan pangan dan suplemen secara simbolis kepada Ketua PWI Kota Magelang,Wiwid Arif, (Dok PWI)

 

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Polres Magelang Kota bekerja sama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Magelang menggelar vaksinasi massal untuk keluarga wartawan di Gedung Wanita, Jalan Veteran, Magelang Tengah, Kamis (12/8).

Pada acara itu, Kapolres Magelang Kota AKBP Asep Mauludin juga menyerahkan bantuan pangan dan suplemen kepada anggota PWI Kota Magelang dan organisasi kewartawanan lainnya, sebagai program ”Jogo Wartawan”.

‘’Mobilitas yang tinggi dari rekan-rekan wartawan sehingga perlu diadakan vaksinasi. Tidak hanya untuk kalangan wartawan tetapi juga keluarganya, sebagai salah satu upaya melindungi kita semua dari Covid-19,’’ ujar AKBP Asep Mauludin.

Menurutnya, wartawan dan kepolisian memiliki kesamaan, karena berinteraksi tinggi di lapangan. Karena itu, wartawan dan anggota kepolisian rawan tertular virus saat bertugas.

‘’Harapan kami dengan adanya Vaksinasi Merdeka yang diprogramkan pemerintah pusat dan Kapolri bisa mendukung percepatan vaksinasi nasional. Kita mulai dari Kota Magelang,’’ ungkapnya.

Vaksinasi Merdeka akan digelar di beberapa tempat untuk menjangkau sebanyak-banyaknya masyarakat. Pihaknya selalu berkoordinasi dengan Polda Jateng, TNI dan Dinas Kesehatan setempat, untuk menjaga ketersediaan vaksin Covid-19.

‘’Target sebanyak-banyaknya masyarakat. Syaratnya cukup membawa fotokopi KTP lalu datang ke gerai vaksinasi yang kami buka,’’ terangnya.

Asep menuturkan, pasokan vaksin dari Pemprov Jawa Tengah tiap pekan rata-rata 400 vial atau 4.000 dosis. Jumlah itu sudah sangat cukup untuk membuka gerai vaksinasi, dengan tiap tempatnya maksimal 150-200 orang per hari.

Pada kesempatan itu, Kapolres juga menyerahkan bantuan pangan kepada anggota PWI Kota Magelang dan organisasi jurnalistik lainnya. Bantuan berupa beras, minyak, mi instan, masker, handsanitizer, vitamin dan lainnya, merupakan kepedulian kepolisian terhadap wartawan.

‘’Bantuan sosial ini berasal dari Kapolri dan Pemkot Magelang kita salurkan untuk rekan-rekan wartawan. Ini juga salah satu dukungan Jogo Wartawan di Kota Magelang,’’tuturnya.

Mantan Kasat Reskrim Polrestabes Semarang tersebut menambahkan, kepolisian dan wartawan adalah mitra kerja. Terutama dalam mengoptimalisasi keamanan dan ketertiban masyarakat.

‘’Tanpa adanya media massa, maka kamtibmas tidak akan maksimal. Kita sadari betul tugas wartawan, karena informasi yang cepat, tepat dan terarah, adalah hal yang sangat dibutuhkan masyarakat. Sehingga kebijakan-kebijakan yang diciptakan bisa tepat sasaran,’’ungkapnya.

Ketua PWI Kota Magelang, Wiwid Arif memberikan apresiasi yang tinggi kepada Kapolres Magelang Kota AKBP Asep Mauludin beserta jajarannya. Selama ini, hubungan antara PWI dan kepolisian terjalin sangat harmonis.

‘’Kami ucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada Pak Kapolres beserta jajaran yang memberikan bantuan ini kepada rekan-rekan wartawan. Sinergitas semacam ini sangat positif untuk terus dipupuk, karena kita sebagai mitra yang saling membutuhkan,’’ katanya.

Bantuan tersebut, lanjutnya, mampu menunjang kesehatan para jurnalis yang memiliki risiko tinggi terinfeksi Covid-19. Pasalnya, jurnalis seringkali berinteraksi dengan banyak orang.

Wiwid mengungkapkan, selama pandemi Covid-19 melanda Indonesia sejak Maret 2020 hingga saat ini, ada beberapa jurnalis di Kota Magelang yang terpapar Covid-19.

‘’Tentu kami sangat prihatin dan tidak henti-henti mengingatkan rekan-rekan jurnalis untuk disiplin menerapkan prokes 5M, terutama saat bertugas di lapangan. Kami berharap donasi dari Polres Magelang Kota bisa membantu kalangan jurnalis,’’ harapnya.

 

Doddy Ardjono-Mul