blank
Dengan protokol ketak panitia memotong-motong daging kurban untuk dibagikan ke warga. ( Foto : Ulil Abshor )

JEPARA (SUARABARU.ID)- Pelaksanaan kegiatan qurban di tahun ini tidak begitu berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Jumlah hewan qurban yang disembelih relatif tidak berubah. Namun, di tengah pandemi Covid-19 ini panitia pelaksana kegiatan qurban harus tetap menjalankan protokol kesehatan (prokes) dan mematuhi imbauan pemerintah dengan menerapkan 5 M.

blank
Kapolsek Tahunan AKP Suyitno yang siang tadi memantau pelaksanaan qurban di Desa Tahunan.

Dalam pantauan Suarabaru.id di beberapa tempat kegiatan qurban seperti masjid dan musholla terlihat panitia benar-benar menghindari kerumunan serta memakai masker.

Di Masjid Masy’arul Mujahidin Desa Tahunan, yang biasanya menempatkan sapi-sapi di depan Pasar Tahunan kali ini guna menghindari kerumunan warga, panitia menempatkan sapi yang jumlahnya 13 ekor di tempat tersembunyi.

Sedangka datan yang kami peroleh dari Kelompok Ranting NU Desa Tahunan, kebanyakan melaksanakan penyembelihan hewan qurban di hari H.

blank
Ibu-ibu sedang memotong-motong daging untuk dibagikan ke warga

Berbeda dengan Masjid Kauman, Masjid Al-Istiqomah Muhammadiyah Desa Tahunan memperoleh enam ekor sapi dan tiga ekor kambing. Masjid Masya’arul Muflijin mendapatkan lima ekor sapi dan tujuh kambing.

“Di tempat kami RT 3 RW 3, 95 persen KK ikut berqurban. Kami mengusung tema ‘Istiqomah qurban tambah rukun tambah sehat’ “, ujar H. Muhlisin salah satu Ketua Panitia qurban yang berhasil dihubungi Suarabaru.id.

Melihat jumlah hewan qurban yang disembelih serta data yang kami terima, dampak ekonomi di masa pandemi seperti tidak mempengaruhi semangat umat Islam dalam berkurban. Melihat iuran qurban Rp. 3. 000.000 per orang, rata-rata harga per-ekor sapi Rp. 21.000.000.

Dalam kunjungannya ke Masjid Masy’arul Mujahidin Kapolsek Tahunan, Suyitno mengatakan kegiatan qurban boleh dilaksanakan tetapi dengan prokes yang ketat.

“Terimakasih kepada seluruh panitia yang telah menjalankan imbauan dari pemerintah dengan selalu memakai masker”, ujar Kapolsek Tahunan.

blank
Pemotongan hewan kurban di Masjid Baitul Izzah RT 02 RW 03 Kelurahan Kauman, Jepara.

Sementara itu pelaksanaan qurban di masjid Baitul Izzah RT 02 RW 03 Kelurahan Kauman, Jepara memotong hewan kurban  7 ekor sapi dan 5 ekor kambing. “Semua dilaksanakan dengan protokol kesehatan,” ujar Ingga Tejo Suroto salah satu  tokoh dilingkungan tersebut.

Ulil Abshor / Hadepe

blank