blank
PMI Kota Magelang meminjam gunner spray truk untuk semprot disinfektan fasilitas umum, (Dok PMI)

 

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Untuk membantu mengintensifkan penyemprotan disinfektan di seluruh fasilitas umum di Kota Magelang, PMI setempat meminjam ‘gunner spray truck’ kepada PMI pusat.

Ketua PMI Kota Magelang Sumartono menuturkan, selama berada di kota ini  gunner spray truck terus digunakan untuk menyemprot fasilitas umum.

‘’Kapasitas truk ini 5 ribu liter disinfektan, dan melakukan penyemprotan sehari dua kali. Tentunya fasum yang bisa dijangkau truk tersebut,’’ katanya Jumat (9/7).

Dia menerangkan, khusus jalan dan pemukiman yang sempit PMI Kota Magelang menggunakan sebuah mobil bak terbuka.

Langkah itu, lanjut mantan Inspektur Kantor Inspektorat Kota Magelang, sebagai salah satu upaya menekan dan memutus rantai penularan covid-19 di kota in.

Menurutnya, kendala yang dialami PMI dalam tugas kemanusiaan ini adalah, jumlah relawan untuk melaksanakan tugas tersebut sangat terbatas.

Dengan relawan yang terbatas, pihaknya membagi tugas. Selain melakukan penyemprotan disinfektan, juga membantu tugas di empat lokasi isolasi  mandiri terpadu. Yakni, di Rumah Sakit Budi Rahayu, Hotel Borobudur Indah, Hotel Safira dan Asrama Putri Politeknis Kesehatan Semarang di Kampus V Jalan Perintis Kemerdekaan, Kecamatan Magelang Utara.

‘’Mereka juga ada yang bertugas di Rumah Sakit Darurat Kompleks Gelora Sanden,’’ ujarnya.

Sumartono meminta warga Kota Magelang untuk selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan, menerapkan hidup sehat, mengurangi mobilisasi dengan tetap tinggal di rumah, dan bepergian bila perlu saja.

 

Doddy Ardjono