blank
Pembahasan tentang melatih keterampilan Calon Pemimpin Bangsa, dipaparkan lewat seminar virtual ini. Foto: Hana Eswe

GROBOGAN (SUARABARU.ID)– Di tengah pandemi covid-19, tidak menyurutkan langkah anggota pramuka untuk tetap berkiprah. Seperti yang dilakukan di SMP Negeri 3 Purwodadi, yang melaksanakan kegiatan Seminar Nasional Kepramukaan Berbasis Online melalui Zoom Cloud Meeting.

Seminar Nasional ini mengusung tema ‘Sinergi Kebangkitan Pramuka di Masa Pandemi Covid-19’, dan diikuti kurang lebih 650 anggota pramuka. Lewat seminar virtual ini, kegiatan tetap berlangsung meriah, dengan beberapa narasumber yang luar biasa.

Para narasumber itu antara lain, Kak Supriyadi yang merupakan Wakil Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dan Kak Aditya Wicaksono selaku Wakil Ketua Pramuka Peduli Kwartir Daerah 11 Jateng. Hadir pula Kamabigus Gudep, Kak Fathurrohim Nashoha, yang berkesempatan memberikan sambutan dalam kegiatan ini.

BACA JUGA: Covid-19 di Kabupaten Magelang, 112 Konfirmasi Sembuh

Sebagai penyelenggara, Kamabigus Kak Fathurrohim Nashoha mengatakan, dalam kondisi pandemi, pramuka harus tetap berkegiatan.

”Pramuka itu tetap Pramuka! Pramuka tetap berkegiatan karena Pramuka itu bukan kewajiban, tetapi panggilan-panggilan untuk berkarya,” kata Fathurrohim.

Sementara itu, Kak Budi Waseso sebagai Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka menyampaikan dua gerakan Nasional, yang ditekankan Presiden RI Joko Widodo, selaku Kamabinas. Yaitu, gerakan disiplin Nasional terkait dengan protokol kesehatan covid-19.

BACA JUGA: Ganjar Instruksikan 7.000 RT Zona Merah Di-lockdown

”Dan yang kedua, gerakan kepedulian Nasional terkait dengan kode kehormatan Gerakan Pramuka yang berbunyi, Rela Menolong dan Tabah,” imbuh Kak Budi Waseso melalui Kak Supriadi.

Sebagai penghargaan, Kak Budi Waseso yang merupakan purnawirawan Polri ini memberikan apresiasi kepada SMPN 3 Purwodadi, berupa sebuah tanda tangan.

Budi Waseso juga menyatakan, ikut bangga atas terlaksananya Seminar Nasional Kepramukaan yang dilaksanakan SMPN 3 Purwodadi ini.

Hana Eswe-Riyan