blank
Rapat koordinasi menyusul penyerahan 1 Peleton Pasukan dari Yonif 400 Rider untuk perkuat Prokes di Jepara

JEPARA (SUARABARU.ID) – Lonjakan kasus penyebaran Covid-19 di Jepara yang melesat cepat mulai akhir Mei lalu, membuat  Panglima Kodam IV/Diponegoro Mayjen Rudianto menerjunkan 1 Peleton  Yonif 400 Raider untuk di Bawah Komando Operasi ( BKO ) ke Jepara.

Tujuannya  untuk  memperkuat Protokol Kesehatan di Jepara. Rencana pasukan yang akan ditempatkan disemua Koramil di Jepara ini akan berada di Jepara hingga wilayah ini kembali ke zona hijau.

blank
Danrem IX / Mekutarama, Dandim 0719 Jepara dan Sekda Jepara saat kunjungi posko bersama.

Penyerahan pasukan dilakukan oleh  Danrem 073/Makutarama,  Kolonel Arm. Putranto Gatot Sri Handoyo, S.Sos, M.M Jumat (25/6-2021) di ruang rapat R.M.P Sosrokartono Setda Jepara dan diterima oleh Sekda Jepara, Edy Sujatmiko S.Sos, MM, MH mewakili Bupati Jepara.

Dalam rapat di ruang rapat R.M.P Sosrokartono Setda Jepara, Komandan Korem 073/Makutarama Kolonel Arm. Putranto Gatot Sri Handoyo menginisiasi pembentukan posko bersama itu. Fungsinya untuk pusat perencanaan, koordinasi, pengendalian, dan evaluasi kegiatan penanganan Covid-19. “Perlu untuk membentuk Posko  supaya nanti semua kegiatan terkoordinir,” ujar Putranto Gatot Sri Handoyo.

blank
Komandan Korem IX / Mukutarama dan Sekda Jepara saat memimpin rapat koordinasi.

Dalam pertemuan tersebut disepakati Gedung Public Safety Center 119 di kompleks Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara, dijadikan sebagai posko bersama Satgas Penanganan Covid-19. Tujuannya untuk sinkronisasi dan koordinasi pelaporan data-data maupun penanganannya.

Di posko tersebut, menurut Putranto Gatot Sri Handoyo jajaran Pemkab Jepara, Kodim, dan Polres, akan bersinergi mengkombinasikan data agar sama. Sehingga menjadi satu data yang digunakan untuk pengambil kebijakan, untuk percepatan penanganan Covid-19.

Senada dengan itu, Dandim 0719/Jepara Letkol Arh. Tri Yudhi Herlambang berharap posko  ini dapat efektif menekan penyebaran Covid-19. Ia juga mengajak seluruhnya untuk bersinergi dan berkolaborasi. “Supaya data-data yang kita laporakan ini sama, kemudian data-data itu bisa dievaluasi perkembangannya,” imbuhnya.

Sementara Sekda Jepara, Edy Sujatmiko S.Sos, MM, MH atas nama Pemerintah Kabupaten dan Satgas Covid-19 Kabupaten Jepara mengucapkan terima kasih kepada Pangdam IV  / Diponegoro dan Danrem 073 / Makutarama yang telah menerjunkan pasukannya ke Jepara.

“Harapan kami dapat sinergis untuk meningkatkan protokol kesehatan 5 M. Sebab inilah persoalan di hulu yang membuat penyebaran  Covid-19 sulit dikendalikan,” ujarya.

Hadepe