Pemkot Semarang - UIN Walisongo Kerjasama Tambah Ruang Isolasi Covid-19
Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, menandatangani perjanjian kerjasama antara Pemkot Semarang dengan UIN Walisongo terkait penyediaan ruang isolasi Covid-19, Selasa (22/6/2021). (foto:doc/ist)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Pemkot Semarang terus bergerak cepat dalam mengatasi tingginya angka Bed Occupancy Rate (BOR) dan menekan penyebaran Covid-19 di tengah masyarakat.

 

Selain pengetatan kembali melalui aturan PKM, Pemkot Semarang menjalin kerja sama dengan UIN Walisongo, UNIMUS dan Yayasan Mentari Harapan Bangsa untuk menyediakan tambahan rumah karantina dan juga sentra vaksinasi.

 

“Selain penanganan dari sisi medis, kita yang lagi repot hari ini soal tempat tidur. Orang sakit tiba-tiba sedemikian banyak, kapasitas rumah sakit sudah kita tingkatkan tapi selalu overload,” kata Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi.

 

Dalam acara penandatanganan nota kesepakatan (MoU) di UIN Walisongo, Selasa (22/6/2021) siang, wali kota yang biasa disapa Hendi ini mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang meminjamkan fasilitasnya untuk dijadikan ruang perawatan pasien Covid-19.

 

“Di saat yang genting seperti ini 390 tempat tidur ini adalah sebuah keberkahan buat warga Semarang khususnya kami Pemerintah kota Semarang,” ujarnya.

 

Sebanyak 390 tempat tidur tersebut terdiri dari 200 tempat tidur di asrama mahasiswa UIN Walisongo, Ngaliyan. Termasuk aula UIN yang menjadi sentra vaksinasi Kota Semarang bagi warga yang berdomisili di wilayah barat.

 

Kemudian sebanyak 90 tempat tidur di wilayah Wonolopo, Mijen, tepatnya di Gedung Laboratorium Kesehatan Masyarakat Universitas Muhamadiyah Semarang. Serta Yayasan Mentari Harapan Bangsa yang menyediakan gedung Miracle Healing Center (MHC) di kawasan Marina dengan kapasitas 100 tempat tidur.

 

Menurut Hendi, dengan penambahan tiga lokasi tersebut melengkapi jumlah penambahan tempat tidur yang sebelumnya telah dilakukan oleh RSDC atau Rumah Sakit Darurat Covid sebanyak 106 kamar dengan 12 ICU, serta penambahan 100 tempat di Balai Diklat Ketileng.

 

“Total ada tambahan sekitar 600 tempat tidur dalam seminggu ini,” imbuh Hendi.

 

Dirinya berharap dengan penambahan ini dapat mengatasi persoalan tingginya presentase BOR dan kekurangan tempat tidur yang ada di kota Semarang.

 

“Saya juga titip pesan kepada tokoh yang rawuh di sini agar bisa memberikan edukasi kepada keluarga dan masyarakat bahwa pandemi ini belum usai, bahkan semakin berat. Sehingga perlu adanya edukasi bersama dan menyadarkan kembali tentang protokol kesehatan dalam setiap aktivitas warga Semarang,” pungkasnya.

 

Sementara itu, Rektor UIN Walisongo Semarang, Prof. Imam Taufiq, mengatakan, upaya penanganan Covid-19 yang kini sedang mengalamani tren kenaikan, perlu adanya kolaborasi bersama, oleh karenanya UIN Walisongo Semarang turut serta membantu kerja Pemerintah agar pandemi ini cepat terselesaikan

 

“Mewakili UIN Walisongo, saya menyambut baik kolaborasi dengan pemerintah Kota Semarang ini, saya titip pesan kepada para tokoh agar bisa memberi edukasi kepada keluarga dan masyarakat, bahwa pandemi ini belum usai, bahkan semakin berat,” katanya.

 

Penandatanganan MoU tersebut dilaksanakan bersama antara wali kota Semarang, Rektor UIN Walisongo, Prof. Dr. Imam Taufiq, M.Ag, Rektor Unimus, Prof. Dr. Masrukhi, M.Pd dan Ketua Yayasan Mentari Harapan Bangsa, Timotius Tanutama.