blank
Bupati Kendal Dico M Ganinduto saat melihat alat laser yang digunakan untuk membatik.(FOTO:SB/Sp)

KENDAL(SUARABARU.ID)– Bupati Kendal Dico M Ganinduto membuka Job Fair Online 2021 di Pendopo Tumenggung Bahurekso Kabupaten Kendal, Rabu(16/06/2021).

Pembukaan Job Fair Online ini, dihadiri Forkopimda Kendal, Transmigrasi Jawa Tengah, Sekda Kendal serta jajarannya, para pemimpin perusahaan, dan juga masyarakat Kendal pencari kerja.

“Seperti biasanya para pencari kerja akan berbondong-bondong untuk mencari dan mendapatkan pekerjaan. Namun pada situasi pandemic Covid-19 yang belum usai, kegiatan Job Fair Online tahun ini dilakukan secara online (layanan virtual) untuk menghindari kerumunan dan penyebaran/penularan virus Covid-19,”kata Bupati Kendal Dico M Ganinduto, usai membuka acara tersebut.

Dico mengaku, dengan dibukanya Job Fair Online ini, para pencari kerja tidak perlu mengeluarkan ongkos perjalanan dan lain sebagainya, karena bisa mencari dan melamar dari rumah saja dengan cara online melalui www.e-duniakerja.id/pencari. Meski mencari dan melamar pekerjaan secara virtual, pihak penyelenggara tetap memberikan layanan yang terbaik agar pelamar kerja mengetahui semua informasi tentang perusahaan.

“Mari kita satukan tekad, untuk penyedia lapangan pekerjaan dalam mengurangi pengangguran di Kendal,” ujar Dico.

Menurut Dico, berdasarkan data badan statistik tahun 2020, angka tenaga kerja di Kabupaten Kendal sebanyak 533.376 orang, dengan jumlah tingkat pengangguran sebesar 7,56%. Maka dari itu Pemerintah Kabupaten Kendal akan membantu mempermudah pencari kerja mendapatkan pekerjaan yang diinginkan, salah satunya melalui kegiatan Job Fair Online seperti ini yang diikuti 24 perusahaan, serta tersedia 916 lowongan untuk para pencari kerja, dan pencari kerja pun juga tidak dipungut biaya apapun (alias gratis).

“Diharapkan para pengusaha untuk terus mengembangkan investasinya di wilayah Kabupaten Kendal, sehingga terciptanya lapangan kerja yang lebih luas bagi masyarakat Kendal. Pemerintah akan siap memfasilitasi keinginan perusahaan dalam pencari angkatan kerja yang sesuai dengan kebutuhan dunia usaha,”harap Dico.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kendal, Sukron Syamsul Hadi, mengatakan, peserta pembuka lowongan kerja yang ikut Job Fair Online ini antara lain perusahaan garment, perbankan, pembiayaan, manufakture dan industri kesehatan.

Job Fair Online ini, dibuka mulai hari ini, 16- 17 Juni 2021 yang dibiayai oleh APBD Kabupaten Kendal 2021. Selain Kabupaten Kendal, sebanyak 34 Kabupaten lain yang ada di Jawa Tengah juga membuka Job Fair Online ini.

Menurut Sukron, tujuan diselenggarakannya Job Fair Online ini, tak lain untuk memfasilitasi dengan mempertemukan perusahaan sebagai penyedia lapangan pekerjaaan dengan para pencari kerja secara langsung dalam pameran informasi bursa kerja.

Selain itu juga untuk optimalisasi kinerja bursa kerja bagi para lulusan dan masyarakat pencari kerja se-kabupaten Kendal.

“Semoga dengan dibukanya Job Fair Online ini, bisa meningkatkan angka penempatan tenaga kerja yang ada di Kabupaten Kendal,”kata Sukron. Sp