blank
MenPAN RB Tjahjo Kumolo menyerahkan penghargaan kearsipan kepada Bupati Magelang Zaenl Arifin. Foto: Ist

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID) –  Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispuspa) Pemerintah Kabupaten Magelang  meraih penghargaan kearsipan dengan predikat sangat memuaskan.

Penghargaan diserahkan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo kepada Bupati Magelang Zaenal Arifin pada peringatan Hari Kearsipan ke-50 di Gedung Arsip Nasional RI, Jakarta, Rabu 9 Juni 2021 malam.

Terkait hal itu Bupati Zaenal Arifin mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi seluruh Organisasi Pemerintah Daerah terkait yang ada di lingkungan Pemkab Magelang.

“Khususnya Dispuspa, organisasi kemasyarakatan, sosial politik, lembaga pendidikan, perguruan tinggi dan pemerintah desa yang telah bersama-sama turut membangun kearsipan di Kabupaten Magelang,” kata Zaenal Arifin.

Menurutnya, pengawasan kearsipan dilakukan oleh Lembaga Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) bertujuan untuk menilai kesesuaian antara kaidah kearsipan dan norma yang riil dalam penyelenggaraan kearsipan di Kabupaten Magelang.

“Kabupaten Magelang mendapatkan penghargaan karena terus berupaya memaksimalkan pendataan kearsipan, sehingga dokumen tersebut bisa ditata dengan baik dan rapi agar memberikan sejarah yang jelas kepada generasi selanjutnya,” katanya.

Dia berharap, Dispuspa dapat terus menjaga dan meningkatkan kinerja dalam bidang kearsipan. Melihat tantangan ke depan jauh lebih sulit, yaitu mendokumentasikan dan menjaga arsip dalam bentuk digital, sehingga dalam pencarian lebih mudah, lebih aman, dan tidak memakan tempat.

“Digitalisasi arsip harus kita lakukan supaya lebih aman, mudah dicari, dan tentunya juga efisien tempat,” tuturnya.

Eko Priyono