blank
Rektor UNS Prof Dr Jamal Wiwoho tengah menyampaikan hasil 10 peringkat terbaik UNS Jawametrik 2021 yang berlangsung  di kampus Kentingan. Foto: Dok/Humas UNS

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Delapan perguruan tinggi di Indonesia dan dua lainnya dari mancanegara, masuk dalam 10 peringkat terbaik  UNS Jawametrik 2021.  Ini tercatat saat berlangsungnya UNS Jawametrik 2021 Top 10 Intitutions Awarding Ceremony di kampus Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Kamis (20/5).

Sepuluh peringkat terbaik UNS Jawametrik 2021 yakni, Universitas  Sebelas Maret, Universitas  Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Surabaya, Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas  Negeri Semarang, Institut Seni Indonesia Surakarta dan Leiden University serta Australian National University.

Ketua UNS Jawametrik 2021 Ir Ari Setiawan MSc Ph.D melaporkan, kegiatan yang digelar merupkan model pemeringkatan  berbasis IT   yang dirancang dengan cermat dan memadai untuk memberikan informasi akurat institusi/lembaga  pengembang dan penangkar budaya Jawa di dalam dan luar negeri.

Basis data dan informasi berasal dari UNS Jawametrik akan menginformasikan tentang pusat  kegiatan dan riset, acara budaya, sumber daya, kepakaran, serta artefak budaya Jawa di seluruh dunia.

Sehingga memungkinkan lembaga–lembaga tersebut untuk terhubung dan berkolaborasi secara global. Calon peserta yang berpotensi  dalam UNS Jawametrik hingga awal 2021 tercatat 104 institusi . Jumlah disebut terakhir berasal dari Benua Amerika 38 institusi, Asia  47 institusi, Eropa 13 institusi, dan Australia serta Oceania enam institusi.

UNS Jawametrik  telah menetapkan 11 kriteria indikator. Di antaranya meliputi institusi kajian Jawa,  akademisi kajian Jawa, penelitian kajian Jawa, literatur dan koleksi pustaka  tentang kajian Jawa. Juga kolaborasi dan kerja sama berkaitan  dengan kebudayaan Jawa, koleksi artefak Jawa.

“Aksi yang berkaitan dengan nilai kebudayaan dan norma Jawa, penggunaan bahasan Jawa, digitalisasi berbasis teknologi pada kebudayaan Jawa,” terangnya

Pada acara yang berlangsung secara daring  dan luring , Rektor UNS Prof Dr Jamal Wiwoho dalam sambutannya  mengemukakan, kegiatan yang berlangsung sesuai misi luhur UNS. Misi luhur yang dimaksud adalah menjadikan Universitas Sebelas Maret Surakarta pusat pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta penelitian unggul secara internasional, dengan tetap menjaga nilai luhur budaya bangsa.

Diyakini Javanologi akan memiliki kontribusi dan peran sangat stategis dalam  memberikan ruang gerak lebih luas kepada  budaya Jawa untuk maju dan berkembang. Sudah selayaknya di usia ke-45 tahun ini UNS dengan bangga menjadi pelopor sistem pemeringkatan sedunia yang menaruh perhatian  terhadap  pengembangan budaya Jawa.

UNS Jawametrik ke depan diharapkan jangan hanya didominasi berita terkait pemeringkatan atau perankingan saja. Tetapi juga berfungsi sebagai pusat dan data informasi tentang  artefak atau koleksi budaya Jawa di seluruh dunia. Juga profil sastrawan, seniman dan budayawan  jawa  dan riset dan pengembangan. Sehinggga memungkinkan berbagai institusi  international  melakukan sebuah kolaborasi  dan bersinergi  dalam mengembangkan  local wisdom  kebudayaan Jawa yang kita banggakan.

“Saya berharap banking, baterai lithium, dan Javanologi akan menjadi  PUI unggulan UNS. Tidak hanya tiga,  tetapi insya allah tahun ini akan kita buka lagi PUI  sehingga betul betul pusat unggulan iptek UNS  banyak mewarnai di kancah nasional  maunpun internasional,” tandasnya.

Bagus Adji