blank

TEGAL (SUARABARU ID) – Di hari terakhir Ramadhan, Satlantas Porles Tegal Kota dan Dinas Kesehatan Kota Tegal berhasil menjaring satu pemudik dinyatakan hasil swab positif saat menjalani Antigen Rapid Tes di Penyekatan Pospam Terminal Bis Kota Tegal, Rabu (12/5/2021).

blank
ISOLASI – Hasil swab positif pemudikmasuk tempat isolasi di Rusunawa Tegalsari, Kota Tegal. (foto: nino moebi)

Satu pemudik pengendara sepeda motor, Sarip Hidayatuloh (35) warga RT 09 RW 01 Desa Bulakwaru, Kecamatan Tarub, Kabupaten Tegal, dari hasil swab nasofaring positif.

“Oleh petugas Sarip langsung dibawa menggunakan ambulance untuk menjalani isolasi di Rusunawa Tegalsari,” kata Kasat Lantas Polres Tegal, AKP Nur’aini Rosyiah di Penyekatan Pospam Terminal Bis Kota Tegal.

Nur’aini menjelaskan, penyekatan dari  pukul 09.00 – 10.30, telah  memeriksa roda dua sebanyak 75 kendaraan roda dua, 3 roda tiga dan 14 kendaraan roda empat.

“Dari hasil penyekatan telah memutarbalikan 6 kendaraan karena mendapati pengemudi yang tidak dilengkapi dengan persyaratan. Untuk pengendara yang dilakukan swab antigen sebanyak 9 orang, 8 negatif dan 1 orang positif,” ungkap Nur’aini.

Pemudik yang positif Sarip Hidayatuloh dari Tangerang berboncengan dengan Jefri (29) dari Cilincing Jakarta Utara berangkat pukul 20.00 semalam. “Saya yang pembonceng hasil swabnya negatif. Sedangkan teman saya Sarip setelah swab ternyata positif. Saya sebelumnya tidak tahu kalau Sarip positif,” kata Jefri.

Secara terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal, dr Sri Primawati Indraswari mengatakan, pada saat penyekatan di pos terminal, dari 9 orang pemudik yang di swab ada 1 yang positif.

“Yang bersangkutan kita bawa ke Rusunawa Tegalsari, Kota Tegal untuk menjalani isolasi dan selanjutnya kita koordinasikan dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal,” jelas Sri Prima.

“Kapasitas Rusunawa Tegalsari untuk isolasi tersedia 60 bad dan telah dihuni 11 orang ditambah 1 hari ini jadi, 12 pasien yg menjalani isolasi di rusunawa,” tutup Sri Prima.
Nino Moebi