Ali Sobri Sungkar (memakai topi) ter;pilih aklamsi menjadi Ketua Umum Koni Kota Magelang 2021-2025 melalui musorkotlub Koni Setempat. Sedang Kholid Abidin (pakaian hitam) ditunjuk menjad ketua harian. Keduanya foto bersama pimpinan sidang definitif, (Bag Prokompim, Pemkot Magelang)

 

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Ali Sobri Sungkar terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Umum Koni Kota Magelang 2021-2025, melalui musyawarah olahraga kota luar biasa (Musorkotlub) yang berlangsung di Hotel Trio, Senin (10/5).

Musorkotlub dengan tema ‘Organisasi Solid, Prestasi Melejit’ dihadiri Wali Kota Muchamad Nur Azis, serta Uen Hartiwan Ketua Bidang Organisasi Koni Jateng  mewakili Ketua Koni Jateng Subroto yang berhalangan hadir. Ikut pula hadir pengurus Koni Jateng lainnya, Ismu Puruhito.

Setelah terpilih, Ali Sungkar menunjuk calon lainnya, Kholid Abidin, menjadi ketua harian.

Hal itu sesuai dengan pidato Plt Ketua Koni 2018-2021 Subarkah yang menyatakan,  kedua calon yang sama-sama dari Persaudaraan Shorinji Kempo Indonesia (Perkemi) Kota Magelang mempunyai kelebihan dan kekurangan.

Sangat disayangkan jika kelebihan itu tidak digabung untuk menjadi sebuah kekuatan. Ini momentum kebangkitan Koni Kota Magelang.

‘’Selain itu, semua pengurus Koni, atlet dan pelatih harus komit dengan program Pak Wali Kota untuk meningkatkan prestasi olahraga Kota Magelang,’’ pintanya.

Jumlah anggota Koni Kota Magelang sebanyak 40 cabang olahraga (cabor).  Cabor yang aktif 35, 30 di antaranya  mempunyai hak suara dan hak bicara.

Wali Kota Magelang meminta, pengurus baru Koni 2021-2025 harus merangkul semuanya, tidak ada lawan. Kalau seluruhnya senang, maka semua pekerjaan bisa dilaksanakan dan hasilnya memuaskan.

 

Peserta Musorkotlub Koni Kota Magelang yang berlangsung di Hotel Trio, Senin (10/5), (Bag Prokompim, Pemkot magelang)

‘’Harapan saya ke depan yang maju (calon Ketua Koni red) ‘akeh’ (banyak), jangan hanya dua. Kalau calon hanya dua pertarungannya  keras. Saya tidak senang kalau calonnya dua. Masyarakat supaya diajari berdemokrasi yang baik,’’ harap Nur Azis.

Selain itu, olahraga harus jujur, dan amanah yang diberikan oleh Allah Swt harus dijaga betul.

Uen Hartiman menerangkan, prestasi Kota Magelang pada Porprov Jateng 2018 di Surakarta patut dibanggakan. Mengirimkan 84 atlet dan 24 pelatih, mampu meraih 13 medali emas, 16 perak dan 16 perunggu, sehingga menduduki peringkat 16 dari 35 kabupaten/kota se Jateng.

Dia meminta, program kerja empat tahun ke depan untuk mempertahankan peringkat 16, lebih baik jika peringkatnya naik. Karena itu, program pembinaan harus dilakukan sejak dini. Pengurus, pelatih dan atlet mulai sekarang harus bekerja keras mempersiapkan kegiatan pra porprov untuk menghadapi Porprov 2022.

Setelah laporan pertanggungjawaban pengurus Koni Kota Magelang 2018-2021 diterima peserta musorkot, sidang pleno diserahkan kepada pimpinan sidang terpilih. Yakni Ketua Budi Setya (Tenis Meja), Wakil Ketua DS Surjadi (Perbakin) dan Sekretaris Al Kukuh Santosa (PBSI).

 

Tim formatur kepengurusan Koni Kota Magelang 2021-2025 dipimpin Ketua Umum Koni terpilih Ali Sobri Sungkar, dengan anggota Kholid Abisin dan Plt Ketua Umum Koni 2018-2021 Subarkah, (Bag Prokompim, Pemkot Magelang)

Ali Sobri Sungkar dalam visi misinya berupaya mewujudkan Koni Kota Magelang yang maju, berkeadilan dan berprestasi. Juga meningkatkan prestasi atlet dan wasit serta melaksanakan tertib organisasi.

Berikutnya meraih prestasi pada Porprov Jateng 2022, memberikan penghargaan kepada atlet dan pelatih berprestasi.

‘’Saya ingin Koni Kota Magelang meraih prestasi. Seperti saat di bawah kepemimpinan Bapak Slamet Santosa  meraih prestasi menjadi Koni terbaik se Jateng dan mendapat penghargaan Koni Award.

‘’Juga sewaktu dijabat Bapak Budi Cahyadi  peringkat pada Porprov 2018 naik dari 25 menjadi 16 se Jateng.’’

Kholid Abidin saat menyampaikan visi misi mengemukakan, akan melakukan pembinaan profesional untuk meningkatkan prestasi di tingkat daerah maupun nasional.

Selain itu, membangun soliditas organisasi supaya Koni Kota  Magelang jangan sampai pecah, serta memupuk jiwa sportivitas kepada pelatih dan atlet.

Berikutnya, keterlibatan masyarakat umum dan dunia usaha untuk berpartisipasi meningkatkan prestasi olahraga.

‘’Saya sudah musyawarah dan sepakat dengan Pak Ali Sobri Sungkar, bahwa Pak Ali yang menjadi Ketua Umum Koni Kota Magelang. Saya siap ditempatkan di mana terserah Pak Ali,’’ tutur Kholid.

Alasannya, dirinya dan Ali Sobri Sungkar sama-sama dari Perkemi, dan tidak ada persaingan di antara keduanya. Dengan langkah itu maka musorkotlub berlangsung kondusif, berkeadilan dan bermartabat.

Setelah itu, pimpinan sidang menanyakan kepada peserta musorkolub apa usulan Kholid Abidin disetujui.

Seluruh peserta menyatakan setuju dan pimpinan sidang mengetok palu tanda keputusan itu sah.

Ali Sobri Sungkar sebagai Ketua Umum Koni Kota Magelang terpilih selanjutnya menunjuk Khoid Abidin menjadi ketua harian. Kholid dan mantan Plt Ketua Umum Koni 2018-2021 juga ditetapkan menjadi anggota formatur untuk menyusun pengurus periode 2021-2025.

 

Penulis : Prokompim/pemkotmgl

Editor   : Doddy Ardjono