BOYOLALI (SUARABARU.ID) – PT XL Axiata mendonasikan 100 laptop dan sarana akses internet untuk 12 pondok pesantren di sejumlah daerah. Donasi ini merupakan bagian dari program pengembangan Desa Digital yang diinisiasi sejak 2020.
XL memandang pesantren merupakan komunitas yang memiliki potensi sebagai penggerak ekonomi pedesaan. Dengan donasi laptop dan sarana akses internet, XL mengharapkan para santri bisa meningkatkan literasi digitalnya.
Dengan donasi ini semoga bisa mendorong dan membimbing masyarakat desa ikut memanfaatkan sarana digital secara produktif. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Republik Indonesia, Mohammad Mahfud MD, hadir secara daring dalam acara penyerahan donasi, Selasa (4/5/2021) siang.
Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini, mengatakan, salah satu fokus pemberdayaan masyarakat yang digagas XL adalah mendigitalkan masyarakat Indonesia. Program-program yang terkait dengan visi tersebut sudah banyak diimplementasikan antara lain melalui program sisternet, laut nusantara, dan gerakan donasi kuota.
“Program peningkatan literasi digital sudah XL laksanakan sejak 2019 ke berbagai kalangan. Saat ini XL menargetkan pesantren untuk menerima program peningkatan literasi digital agar bisa menjadi penggerak ekonomi digital di pedesaan. Harapannya ke depan akan tumbuh generasi di pedesaan yang lebih siap menghadapi tantangan,” katanya.
Menurut Dian, dengan kehadiran teknologi digital di tengah-tengah masyarakat merupakan bagian dari gerak zaman, yang tidak bisa dihindari. Tidak mungkin dilawan atau dihentikan.
“Agar kita tidak terlindas, maka yang bisa kita lakukan adalah menyesuaikan diri dan memanfaatkannya agar membawa kebaikan bagi kita. Saat ini infrastruktur digital sudah tersebar hingga ke pelosok-pelosok pedesaan, dan akan terus meluas agar bisa menjangkau semua penduduk Indonesia,” katanya.
Selain laptop, kepada para penerima donasi, XL juga memberi sarana akses internet. Bahkan, mereka juga akan mendapatkan program lanjutan berupa pelatihan sejumlah keahlian digital, antara lain cara memanfaatkan media sosial untuk promosi produk, fotografi, serta membuat konten digital yang efektif.
Hery Priyono