blank

TEGAL (SUARABARU.ID) – Untuk mengantisipasi penurunan peserta vaksinasi, Jumat (16/4/2021) malam Dinas Kesehatan Kota Tegal melakukan vaksinasi pada malam hari. Tujuannya agar tidak terjadi penurunan peserta vaksinasi pada dosis kedua yang bertepatan dengan bulan Ramadhan.

Selama bulan Ramadhan jumlah vaksinasi di Kota Tegal mengalami penurunan drastis. Penurunan mencapai 75 persen. Dari biasanya vaksinasi bisa mencapai 1.000 orang per hari, saat Ramadan hanya 250 orang.

“Bahkan ada di Yankesmas yang menerima vaksin hanya 21 orang per hari. Hal ini dimungkinkan karena faktor bulan Ramadhan animo masyarakat tidak begitu banyak,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal, dr Sri Primawati Indraswari di kantornya Jumat (6/4/2021) malam.

Vaksinasi malam hari juga untuk meningkatkan cakupan terutama untuk kaum lanjut usia (lansia) dan pelayan publik.

“Vaksinasi malam hari dilaksanakan hari ini bertempat di Kantor Dinas Kesehatan Jalan Pancasila Kota Tegal, Jumat 16 April 2021 malam sampai 7 Mei 2021. Hari Senin hingga Jumat, waktunya pukul 19.00-21.30,” ungkap Prima.

Lebih lanjut Prima mengatakan, untuk petugas di malam hari nanti bergiliran dari Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) sebagai tim vaksinasi.

“Sesuai dengan kementrian kesehatan, vaksinasi tahap kedua diutamakan untuk lansia dan biasanya dengan pengantar. Apa bila pengantar membawa dua orang lansia maka satu pengantar tersebut bisa dilakukan vaksinasi juga,” ungkap Prima.

Pelaksanaan vaksinasi pada waktu siang hari di bulan Ramadan masih tetap berjalan. Dan layanan vaksinasi di malam hari yang di pusatkan di Dikantor Dinkes sejatinya untuk antisipasi dropout peserta vaksin tahap ke dua bagi lansia dan layanan umum.

“Malam ini merupakan layanan vaksinasi pertama dimalam hari ada sebanyak 47 orang yang menjalani vaksinasi,” pungkas Prima.
Nino Moebi