blank
Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat (paling kiri) foto bersama dengan Sekretaris PWI Provinsi Jawa Tengah. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat berharap sinergitas antara pemerintah setempat dengan insan pers terjalin kokoh, kuat dan lebih baik lagi.

“Wartawan itu punya peran yang sangat strategis bagi pemerintah. Karena tulisan dan berita yang dibuat sangat bermanfaat bagi publik,” katanya.

Afif mengatakan hal itu, di sela-sela menghadiri puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) dan HUT PWI ke-75 di komplek Telaga Bedakah Desa Tlogomulyo Kecamatan Kertek Wonosobo, Kamis (8/4).

Puncak peringatan HPN dan HUT PWI je-75 itu sendiri dilakukan dengan penanaman bibit pohon tanaman keras dan penebaran benih ikan di Telaga Bedakah oleh jajaran Forkompimda setempat.

Menurut Bupati, dari karya tulisan wartawan potensi daerah dan destinasi wisata yang ada, akan diketahui secara luas hingga ke dunia internasional. Sehingga keindahan tempat wisata makin terkenal.

Kritik Konstruktif

blank
Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat memberi sambutan dalam peringatan HPN dan HUT PWI ke-75. Foto : SB/Muharno Zarka

“Karena tulisan wartawan merupakan jejak catatan yang tak pernah terhapuskan. Melalui pemberitaan di media massa akan memantik wisatawan luar daerah hadir ke Wonosobo,” ujarnya.

Pihaknya juga meminta ada check balance wartawan terhadap kebijakan yang ada. Saling bersinergi untuk menyuarakan dan memberitakan sesuatu yang insipratif dan bermanfaat. Banyak potensi keindahan alam yang bisa dieksplorasi.

“Dulu waktu kali pertama belajar menulis ada catatan menarik, yakni bad news is good news. Dalam rangka check balance, pemerintah perlu mendengar suara dari masyarakat. Ada kritik konstruktif,” paparnya.

Jika potensi keindahan alam dieksplorasi, tambah dia, upaya untuk mewujudkan Wonosobo yang berdaya saing, maju dan sejahtera akan bisa cepat dilakukan. Butuh kebersamaan untuk menuju ke arah tersebut.

Dalam momentum HPN dan HUT PWI ke-75, Afif tak ketinggalan mendoakan para pekerja media senantiasa diberi kesehatan dan kekuatan. Sehingga dapat menjalankan tugas sehari-hari dengan baik.

Muharno Zarka