blank

SEMARANG(SUARABARU.ID)-Literasi informasi dalam berbagai bidang menjadi hal yang penting dalam proses komunikasi saat ini. Pada era digital, masyarakat dapat mengakses berbagai macam informasi dengan mudah.

Tak dapat dimungkiri jika sebagian informasi yang didapatkan adalah informasi hoax dan salah. Salah satunya, informasi yang berkaitan dengan bidang kesehatan, di mana banyak beredar mitos yang salah di masyarakat. Yang memprihatinkan, masyarakat begitu mudah percaya dengan mitos tersebut tanpa mengecek kebenaran fakta dari sumber informasi terpercaya.

Karena itu literasi kesehatan perlu dilakukan agar masyarakat mendapatkan informasi yang benar dan akurat. Definisi sederhana mengenai literasi kesehatan adalah segala pengetahuan yang berhubungan dengan bidang kesehatan, khususnya yang berkaitan dengan pola hidup sehat.  Dan, literasi kesehatan ini menjadi tanggungjawab bersama baik individu maupun sosial.

Berangkat dari hal ini, RSIA Anugerah Semarang yang tahun ini berusia 38 tahun membuat literasi informasi kesehatan melalui program siaran langsung interaktif melalui official akun Instagram @rsiaanugerahsmg.

blank

Direksi RSIA Anugerah Semarang, dr. Sri Kadarsih MM menyebut program  siaran langsung interaktif melalui Instagram ini sebagai salah satu bentuk nyata kepedulian dan kehadiran RSIA Anugerah di masyarakat.

‘’Kami akan memberikan edukasi seputar mitos dan fakta kesehatan kepada masyarakat awam. Tujuannya agar masyarakat bisa mendapatkan akses informasi serta pelayanan kesehatan yang tepat dan benar, ‘’ kata dr Sri Kadarsih.

Sementara itu Komisaris PT Anugerah Indra Meditama yang menaungi RSIA Anugerah, dan penggagas program siaran langsung, dr Indra Adi Susianto, M.Si.Med,SpOG mengungkapkan bahwa acara live literasi informasi kesehatan tersebut merupakan salah satu inovasi digital yang dilakukan RSIA Anugerah sekaligus menjawab  tantangan perubahan zaman.

‘’Saat ini kebiasaan masyarakat sudah berubah. Jika dulu literasi tentang kesehatan disampaikan melalui leaflet, kampanye atau media televisi, sekarang masyarakat lebih banyak berinteraksi dan mencari informasi melalui media digital,’’ kata dr Indra.

Selain itu, kondisi pandemi membuat masyarakat lebih banyak memanfaatkan peranti seperti telepon genggam untuk mengakses informasi yang dibutuhkan. Literasi melalui siaran langsung Instagram akan praktis dan mudah dipahami bagi siapapun dengan hanya bergabung kemudian bertanya, dan langsung dijawab oleh narasumber.

‘’Siapa saja yang bergabung dalam program interaktif ini  bisa melakukan tanya jawab langsung  ke pembicara melalui host. Jadi segmen dan sasaran live IG ini bukan hanya untuk customer RSIA Anugerah saja, tapi masyarakat umum, ’’ kata dr Indra.

Talkshow Instagram RSIA Anugerah Semarang Series ini dilaksanakan setiap hari Sabtu mulai 3 April 2021 pukul  16. 00.00 sampai dengan selesai. Instagram live ini mengangkat mitos dan fakta yang sedang berkembang di masyarakat untuk dibahas secara keilmuan dengan bahasa yang sederhana sehingga mudah dipahami oleh masyarakat non medis. Tema yang diangkat mulai dari mitos seputar seks, vitamin, usus buntu hingga praktik memandikan bayi, peragaan resusitasi jantung paru untuk orang awam.

Narasumber siaran langsung adalah dokter yang berkompeten dan sesuai keahliannya. Untuk lebih jelas, tentang topik apa saja yang akan dibahas dan siapa narasumber yang hadir, bisa mengecek informasi tentang program ini melalui official akun IG RS Anugerah Semarang.

Literasi kesehatan sangat penting untuk dikuasai masyarakat sehingga menjadikan masyarakat memiliki kemampuan untuk memilah dan menentukan mana informasi kesehatan yang seharusnya diterima dan dijadikan pedoman dalam berperilaku sehari-hari.

RSIA Anugerah sendiri sudah berdiri sejak tahun 1983 dan  berawal dari Rumah Sakit Bersalin. kemudian mulai berkembang menjadi rumah sakit ibu dan anak pada tahun 1989. Semenjak itu RSIA Anugerah terus berinovasi yang pada tahun 1995 mendirikan unit laparoskopi operasi pertama di jawa tengah yang kemudian mempunyai kerjasama dengan Singapore pada 2004.

Tahun 2013 RSlA Anugerah dipercaya oleh BKKBN untuk membuka suatu pelayanan kontrasepsi terpadu dan klinik laktasi. Saat ini RSIA Anugerah adalah Rumah Sakit yang telah dipercaya oleh Dinas Kesehatan sebagai Rumah Sakit Khusus tipe ”C” dengan fasilitas lengkap dan telah terakreditasi secara nasional.

Suarabaru.id/Tim