blank
Ribuan ekor ikan nilem ditebar di Sungai Elo yang melintas di Dusun Jurangsari, Desa Soropadan, Kecamatan, Pringsurat, Kabupaten Temanggung pada peringatan Hari Air Sedunia. Foto: Yon

TEMANGGUNG (SUARABARU.ID) – Pemerintah Kabupaten Temanggung bersama dengan masyarakat Dusun Jurangsari, Desa Soropadan, Kecamatan Pringsurat menebar ribuan ekor ikan nilem di Sungai Elo yang melintas di dusun tersebut.

Penebaran ikan nilem tersebut dilakukan dalam rangka memperingati Hari Air Sedunia yang jatuh setiap  tanggal 22 Maret. Selain itu, juga dilakukan  penanaman pohon buah-buahan di sekitar Sungai Elo.

“Peringatan Hari Air Sedunia ini sebagai salah satu usaha dalam meningkatkan kesadaran publik akan pentingnya air bersih dan pengelolaan sumber air bersih secara berkelanjutan,” kata Bupati Temanggung M Al Khadziq dalam sambutan tertulis yang dibacakan Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Lingkungan Hidup Djoko Prasetyono.

Ia mengatakan, saat ini  keberadaan air bersih dalam ancaman akibat ledakan populasi manusia, meningkatnya kebutuhan untuk pertanian dan industri, serta dampak krisis iklim yang semakin memburuk.

Menurutnya, saat ini manusia tidak hanya sedang menghadapi krisis iklim, tetapi juga krisis air.

“Kekeringan, kelangkaan air, dan pencemaran air, menjadi teguran bahwa manusia harus berubah jika tidak ingin punah,” tandasnya.

Adapun tema Hari Air Sedunia tahun ini, yakni menghargai air dan mempunyai makna air memiliki peran penting bagi kehidupan dan kesejahteraan manusia serta lingkungan.

“Namun, di tengah manusia membutuhkan air bersih, pada saat yang bersamaan juga melakukan pencemaran terhadap air,” katanya.

Pada kesempatan itu, bupati mengajak masyarakat untuk mengelola air secara bijaksana. Selain itu juga menjaga kelestarian hutan, menjaga kelestarian sumber mata air, tidak boros menggunakan air dan tidak menjadikan sungai sebagai tempat membuang sampah.

“Saat kita menjaga air, sejatinya yang kita selamatkan bukanlah air, pohon, maupun bumi, tapi kita sedang menyelamatkan diri sendiri dan generasi yang akan datang,” katanya.

Yon