blank
Petugas Polsek Puring dan Koramil serta BPBD Kebumen dan Tim SAR menuju ke lokasi orang hilang digulung ombak di Pantai Sawangan Desa Surorejan, Kecamatan Puring, Kamis 18/3.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) –Musibah kecelakaan laut terjadi di Pantai Sawangan Dukuh Kepek, Desa Surorejan, Kecamatan Puring, Kebumen, Kamis (18/3) pagi.

Korban diketahui seorang lelaki benama Sukeri (40), hilang setelah digulung ombak saat mandi di pantai. Lelaki malang itu warga Dukuh Kunjeng RT 02 RW 05 Desa Banjarejo, Kecamatan Puring, sehari-hari buruh lepas.

Saksi mata pencari yutuk (sejenis kerang laut), sempat melihat korban saat itu mandi di laut dan mengingatkan karena ombak agak tinggi. Namun sewaktu saksi bernama, Slamet Winardi sedang  mengangkat yutuk, menjumpai korban sudah berada di tengah laut dan sempat melambaikan tangan meminta tolong.

Saksi hendak menolong, namun tubuh korban telah tidak terlihat. Pihaknya segera melapor ke desa dan Polsek Puring. Hingga malam itu Pusdalops Penanggulangan Bencana BPBD Kebumen melaporkan pencarian korban masih dilakukan Tim SAR Gabungan namun belum ada hasil.

blank
TIm SAR Gabungan menunggu d tepi Pantai Sawangan, Desa Surorejan, Kecamatan Puring, Kebumen selatan.(Foto:SB/Ist)(Foto;SB/Ist)

Humas Pusdalops PB BPBD Kebumen Heri Purwoto mengungkapkan, lakalaut tersebut terjadi pada Kamis pagi sekitar Pukul 05.30. Sepagi itu saksi Slamet Windi sedang mencari yutuk (hewan laut) di Pantai Sawangan.

Saksi melihat korban sudah terlalu jauh dan tidak terlihat lagi, akhirnya saksi melaporkan kejadian itu ke Polsek. Sampai saat ini masih dilakukan upaya pencarian oleh Tim BPPD dan Tim SAR Kabupaten Kebumen. Sedangkan saksi Slamet Winardi (50) warga Dukuh Kepek RT 5 RW 2 Desa Surorejan, Puring.

Pihak BPBD Kebumen segera mendatangi lokasi melakukan pengamatan lapangan. Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Basarnas Cilacap, Polsek Pruing, Koramil Puring, Puskesmas dan Pemerintah desa setempat.

Tim SAR dan warga  telah menginformasikan para  nelayan  pantai selatan Kebumen, sukarelawan penggiat kebencanaan dan keluarga koban. Tim SAR Gabungan menyisir pantai dan sebagian menunggu di sekitar lokasi.

Komper Wardopo