blank
Pengasuh Pesantren Lansia, Muhamad Idris SPd, sedang mengajar lansia mengaji di Pesantren Lansia yang bertempat di Jalan Dewi Sartika Timur XIV C RT.09/RW.05, Kelurahan Sukorejo, Kecamatan Gunung Pati, Kota Semarang. Foto: Ning

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Jawa Tengah didukung Paragon melaunching program Pesantren Lansia, Selasa (16/3/2021).

Pesantren Lansia yang bertempat di Jalan Dewi Sartika Timur XIV C RT.09/RW.05, Kelurahan Sukorejo, Kecamatan Gunung Pati, Kota Semarang tersebut merangkul para lansia di RW setempat.

Lurah Sukorejo, Kecamatan Gunung Pati, Kota Semarang, Wiwoho Budi Hartono menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada IZI Jateng dan Paragon yang sudah mendukung Pesantren Lansia di RW.05 Kelurahan Sukorejo, Kecamatan Gunung Pati, Kota Semarang.

Dirinya berharap adanya Pesantren Lansia ini bermanfaat untuk warga setempat. “Harapan saya para lansia bisa semakin baik dalam keagamaan,” ujarnya.

Kepala IZI Jateng, Djoko Adhi Saputro menyampaikan, pada prinsip awal, pesantren ini untuk kesejahteraan lansia.

“Karena lansia ini masih bisa dikembangkan produktifitasnya. Tidak semua lansia itu lemah. Lansia punya power, dan lansia justru tingkat spiritualnya lebih tinggi,” kata Djoko.

Menurut Djoko, dua sisi itulah yang ingin ditingkatkan kembali.

Selain itu, IZI juga mendukung pengembangan dalam bentuk infrastrukur, seperti aula tempat mengaji, munjung lansia dan kesehatan lansia.

“Sebenarnya sudah ada program berjalan dan kita kembangkan dalam bentuk infrastruktur aula untuk ngaji, munjung lansia dan kesehatan lansia,” ungkapnya.

Sementara itu Muhamad Idris SPd, selaku Pengasuh Pesantren Lansia menambahkan, Pesantren Lansia sudah berlangsung sejak 2019, namun baru terlembagakan sekarang dengan perantara IZI dan Paragon.

“Untuk jumlah keseluruhan yang ikut program lansia ada 75 orang, diantaranya ikut TPQ Lansia 55 orang, program kesehatan lansia 10 orang, dan ada juga munjung lansia.

“Munjung lansia adalah memberikan makanan sehat, dengan membawa rantang berisi makanan sehat untuk lansia,” tandas Idris.

Ning