blank
Para pengurus Bhayangkari Ranting Panunggalan saat melakukan pemanenan selada air yang ditanam di pekarangan Mapolsek Panunggalan. Foto : hana eswe.

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Dari tangan cantik Nyonya Yani Ketut, Ketua Bhayangkari Ranting Panunggalan, Kabupaten Grobogan, pekarangan kantor Polsek Panunggalan disulap mejadi pekarangan yang indah. Pekarangan Pangan Lestari (P2L) ditata di area samping kantor Polsek Panunggalan.

Berbagai macam tanaman sayuran ditanam di area perkebunan kecil itu. Diantaranya, cabai, terong, seledri, tomat dan beberapa sayuran lainnya. Area minimalis ini memang dimanfaatkan secara serius oleh para pengurus Bhayangkari ranting Panunggalan untuk berkebun.

Menurut Ny Yani, pemanfaatan lahan menjadi P2L ini bertujuan menjadikan lahan kosong lebih bermanfaat untuk membantu ketahanan pangan di tengah pandemi Covid-19. Hal itu disampaikannya setelah melakukan pemanenan aneka sayur yang ditanam di taman kecil itu.

blank
Ny Yani Ketut saat memberikan bantuan sayur-mayur hasil panenan Bhayangkari Ranting Panunggalan kepada warga kurang mampu yang tinggal di area Mapolsek Panunggalan. Foto : hana eswe.

Usai dipanen, seluruh hasilnya dibagi ke dalam puluhan besek. Total 30 besek dibagikan kepada warga yang kurang mampu di area Mapolsek Panunggalan.

“Pandemi corona yang masih berlangsung hingga kini, membuat sebagian masyarakat kian kesilitan, terutama dari kalangan kurang mampu. Karena itu, hari ini sebagai bentuk kepedulian, kami bagikan hasil panen dari perkebunan kami untuk meringankan beban warga yang terdampak pandemi,” ujar Ny Yani Ketut, Senin (8/3/2021).

Bantuan sayur-mayur ini dibagikan secara door to door kepada warga kurang mampu. Ny Yani bersama anggota pengurus Bhayangkari ranting Panunggalan langsung turun ke jalan untuk membagikannya. Selain membagikan sayuran, mereka juga melakukan pembagian masker.

“Terima kasih kepada para anggota Bhayangkari ranting Panunggalan yang sudah memperhatikan kami dengan memberikan bantuan sayur mayur dan masker ini. Bantuan ini sangat bermanfaat bagi kami,” ujar Darmi, salah satu penerima bantuan sayur dari Ny Yani Ketut.

Hana Eswe.