blank
Wakil Ketua I Pengprov Perbakin Jateng, Helly Sulistyanto didampingi penatar dari PB Perbakin, Heru Wasto dan Beny Martapa, saat membuka Pelatihan Dasar dan Uji Keterampilan Berburu, di Hotel Patra, Semarang, Jumat (26/2/2021). Foto: spr

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Sejumlah 37 peserta mengikuti Pelatihan Dasar dan Uji Keterampilan Berburu Angkatan XXI, yang digelar Pengurus Provinsi Persatuan Menembak Indonesia (Perbakin) Jawa Tengah, Jumat-Minggu (26-28/2/2021), di Hotel Patra, Semarang.

Pembukaan acara ini dilakukan Wakil Ketua I Perbakin Jateng, Helly Sulistyanto, yang juga merupakan salah satu dari tiga penatar. Menurut dia, kegiatan ini digelar dalam rangka sertifikasi menembak.

”Bagi mereka yang diyatakan lulus dan mendapat sertifikat, maka yang bersangkutan berhak untuk memiliki senjata api,” tutur Helly.

BACA JUGA: Abdul Haris Pimpin Baznas Kabupaten Brebes

Tentang kemungkinan adanya peserta yang tidak lulus, Helly menyatakan tidak menutup kemungkinan itu. Namun demikian, seperti ujian di bidang lain, akan dilakukan ujian ulang bagi peserta yang tidak lulus.

Selama pelatihan berlangsung, para peserta mendapatkan teori dan praktik. Dan pada Sabtu (27/2/2021), peserta menjalani ujian teori. Sedangkan Minggu (28/2/2021) akan dilakukan ujian praktik.

Diungkapkan Helly, sebenarnya acara ini akan dilaksanakan pada Jumat-Minggu (5-7/2/2021) lalu. Namun karena saat itu ada kebijakan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, ‘Jateng di Rumah Saja’, maka kegiatan itu diundur.

Dijelaskan pula, para peserta yang ikut dalam kegiatan ini selain dari Jateng, juga datang dari DIY, Kalimantan Tengah dan Atambua.

Penatar lain yang juga akan mengisi Pelatihan Dasar itu yakni, Heru Wasto dan Beny Martapa (PB Perbakin), serta dr Rahayu (Dokes Polda Jateng).

Sigit PR-Riyan